Cara Cas iPhone Bagi Pengguna Baru

Jika kamu adalah pengguna baru iPhone, maka kamu perlu perhatikan cara cas iPhone agar kesalahan saat mengecas iPhone tidak terjadi padamu. Kesalahan pengguna baru saat mengecas iPhone dapat berdampak pada umur baterai iPhone.

Agar terhindar dari kesalahan saat mengecas iPhone, maka simak artikel Cara Cas iPhone Bagi Pengguna Baru ini hingga selesai.

Baca juga: Cara Reject Call di iPhone Secara Halus

Pengguna Baru iPhone Bertambah

Menurut data yang dirilis oleh Firma Riset Pasar CIRP (Consumer Intelligence Research Partners) pada Juni 2023 berjudul “Apple to Android and Android to Apple – Do People Really Switch?”. 

Data tersebut mengungkap berapa banyak pengguna Android yang beralih ke iOS, atau iPhone, dan berapa banyak pengguna iOS yang beralih ke Android.

Sebagaimana dilansir 9to5mac, data antara Maret 2022 dan 2023 CIRP mendapati bahwa 15% pengguna baru iPhone berasal dari pengguna smartphone berbasis Android. Terbaru bahkan menunjukkan hasil yang hampir sama selama 12 bulan terakhir dengan 14% pengguna iPhone berasal dari pengguna Android. Data tersebut terpetakan di Amerika Serikat.

Lalu, berapa sebenarnya pengguna baru Android yang berasal dari pengguna iPhone?  Tahu berapa? Ternyata, hanya 4% saja. Itu artinya pengguna iPhone lebih banyak 10% dari pengguna Android.

Data CIRP juga menggambarkan bagaimana tingkat loyalitas pengguna. Pengguna iPhone tercatat 94% memilih untuk tetap menggunakan iPhone sebagai smartphone mereka berikutnya. 

Hal yang tidak berbeda jauh juga tergambar pada pengguna Android, artinya tingkat loyalitas pengguna Android juga kuat, namun masih 3% lebih rendah, yakni 91%. Selisih inilah yang kemudian ditengarai menjadi penyebab bertambahnya pengguna iPhone di Amerika Serikat.

Tentu saja, hal tersebut mempertegas daya tarik iPhone dengan iOS-nya ketimbang smartphone berbasis Android. Salah satu sebab bertambahnya pengguna iPhone, kamu bisa temukan disini.

Baca juga: WWDC 2024: Hajatan Tahunan Apple Untuk Para Mitra

Cara Mengecas iPhone Bagi Pengguna Baru Agar Awet

Dengan bertambahnya jumlah pengguna baru iPhone, yang notabene sebelumnya merupakan pengguna smartphone diluar iPhone, tentu memiliki kebiasaan-kebiasaannya sendiri sebagai pengguna.

Kebiasaan tersebut bisa jadi tidak sesuai jika diterapkan ketika menjadi pengguna baru iPhone, ya contohnya seperti cara mengecas iPhone, agar awet dan juga cepat.

Memang apa bedanya cara mengecas iPhone dengan smartphone lainnya, bukankah sama saja, sama-sama smartphone? 

Ok, markibah, mari kita bahas!

Kapan Sebaiknya iPhone Dicas?

Waktu yang pas untuk mengisi daya baterai iPhone adalah saat persentase baterai berkisar antara 21%-30%, pokoknya jangan sampai dapat notif baterai lemah, atau bisa dilihat juga pada indikator baterai yang berubah warna dari putih menjadi merah.

Cas-lah ketika keadaan suhu iPhone normal atau tidak panas. Jika iPhone panas, sebaiknya diamkan 5-10 menit terlebih dahulu.

Hindari juga pengisian baterai saat interval baterai 40%-80%, karena ini adalah waktu iPhone dalam keadaan bagus untuk digunakan.

Bagaimana Jika Cas iPhone Di Interval 20%-80%?

Apakah dengan mengecas di interval 20%-80% bisa membuat kesehatan baterai iPhone kamu jadi awet?

Apple menyarankan cas sampai 80% itu apabila perangkat sedang digunakan secara intens, atau ada hal urgent yang tidak bisa ditinggalkan. Hal ini dimaksudkan agar saat dicas iPhone tidak panas berlebihan, karena panas berlebihan bisa mengurangi kesehatan baterai iPhone.

Dengan kata lain, Apple membolehkan pengguna mengecas sampai full asalkan suhu iPhone normal dan tidak panas.

Dengan adanya saran cas iPhone hanya sampai 80%, lantas apakah iPhone bisa dicas sampai 100%?

Apple sendiri sejatinya tidak memberikan ketentuan batas atas persentase pengisian pengisian daya. Sah-sah saja bila pengguna ingin mengecas iPhone sampai 100% ketimbang menentukan batas atas pengisian daya.

Untuk menjaga kesehatan baterai, Apple lebih menyarankan agar iPhone terhindar dari suhu panas ekstrem.

Baca juga: Baterai iPhone 12 Tak Lebih Baik Dari iPhone 11?

Bagaimana Jika Cas Baterai Dibawah 20%?

Jika kamu mendapati kondisi baterai iPhone dibawah 20%, dan sebelumnya kamu mendapati notif, dan indikator baterai berwarna merah, hal ini sebaiknya bisa diantisipasi. Kecuali ketika kamu berada dalam kondisi urgent untuk tetap berkomunikasi, sementara sumber daya listrik belum bisa kamu dapatkan. 

Mungkin memang ada baiknya ketika kamu memiliki sumber daya portable (power bank) sebagai alternatif saat terjadi kondisi urgent.

Baterai akan bekerja lebih berat karena menerima tegangan listrik yang lebih tinggi, sehingga baterai akan lebih cepat panas. Jika hal ini sering dilakukan, masa pakai baterai akan berkurang.

Bagaimana Jika Baterai Sudah 100%?

Meskipun teknologi HP sekarang sudah canggih, dimana dapat memutuskan arus ketika status pengisian mencapai 100%.

Namun, Apple memberikan batas toleransi pengguna segera mencabut colokan charger jangan lebih dari 30 menit setelah baterai iPhone penuh.

Jika itu terjadi, satu atau dua kali dimana iPhone kamu tetap tercolok meski sudah 100% mungkin masih bisa dimaklumi, namun jika sering terjadi, maka dikhawatirkan kondisi cells baterai perlahan akan rusak.

Gunakan Charger Asli Apple

Jika kamu menggunakan charger bukan asli Apple, hal itu akan berpengaruh terhadap iPhone kamu. 

Jika kamu memiliki iPhone ex Inter umumnya akan diberi charger yang bukan asli Apple, alias charger non-oriyang justru akan merusak baterai atau ic-charging. Untuk amannya, minimal gunakan charger yang sudah MFI alias Made For iPhone.

Baca juga: 5 Tips Mengisi Ulang Baterai MacBook Dengan Lebih Cepat

Penutup

Selamat datang pengguna baru iPhone, selamat menyesuaikan dengan kebiasaan yang disarankan Apple dalam lingkungannya.

Melalui artikel Cara Cas iPhone Bagi Pengguna Baru ini, kamu jadi tahu bagaimana mengelola baterai iPhone agar awet. Tidak lain tidak bukan, agar perangkat Apple yang kita miliki tetap optimal.(k@)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *