WWDC 2024: Hajatan Tahunan Apple Untuk Para Mitra

Kurang dari 1 bulan lagi, Apple akan menggelar World Wide Developers Conference. Ya, WWDC 2024, sebagai hajatan tahunan Apple untuk para mitranya dijadwalkan akan dihelat tanggal 10-14 Juni 2024 mendatang. 

Dari namanya, WWDC diperuntukkan bagi para pihak ketiga pengembang perangkat lunak maupun perangkat keras, baik yang membuat aplikasi maupun aksesori untuk platform Apple seperti, iPhone, iPad, Mac, AppleWatch, AppleTV, dan kini VisionPro. 

even wwdc 2024

Selain diperuntukkan bagi para mitra Apple, WWDC yang digelar secara rutin setiap tahun, juga menjadi ajang bagi Apple untuk mengumumkan rencana dan pengembangan perangkat lunaknya. 

Baca juga: Stiker Logo Apple Sudah Tidak Disertakan Saat Beli iPhone

Rilis Perangkat Lunak

Dapat dibilang, WWDC adalah tentang perangkat lunak. Dalam ajang tersebut, Apple akan menyampaikan update terhadap sistem operasi pada perangkat-perangkat mereka. Update OS dijadwalkan akan dilakukan pada iPhone, iPad, Mac, AppleTV, HomePod, AppleWatch.

Pembaruan sistem tersebut akan diberikan kepada pengembang untuk menguji versi Beta, dan beberapa minggu kemudian versi Beta publik dimulai. Setelah pengujian versi Beta, perangkat lunak baik itu iOS, iPadOS, watchOS, tersebut akan tersedia untuk di unduh pada bulan September, sedangkan macOS baru dapat di unduh pada bulan Oktober.

iOS 18

iOS 18 diklaim membawa pembaruan iOS terbesar yang pernah ada, hal tersebut berkat fitur AI (Artificial Intelligence) yang semakin menjadi perhatian. Ada 4 aplikasi yang didukung pembaruan generatif-AI yaitu untuk Siri, Pages, Number, dan Keynote.

Pengembangan iOS hingga dirilis secara resmi ke publik akan melalui sebuah siklus pengujian Beta. Launching iOS 18 Beta versi pengembang, hanya untuk pengembang aplikasi terdaftar saja, dilakukan sesaat setelah pembicara dalam forum WWDC.

Pengembang aplikasi selanjutnya dapat menginstal iOS Beta, dan beberapa minggu setelahnya versi Beta publik akan tersedia untuk semua pengguna yang ingin mencoba fitur-fitur baru.

Bagi kamu yang nanti ingin mencoba iOS 18 versi Beta, agar tetap hati-hati karena aplikasi versi Beta adalah versi trial dari sebuah aplikasi, yang umumnya masih memilii banyak kelemahan.

Dalam hitungan bulan, baik iOS 18 versi Beta pengembang maupun publik akan menjalani proses pengujian yang fitur-fiturnya akan disesuaikan, diubah, diperbaiki, dan diperbaharui hingga mencapai rilis untuk publik, dan diperkirakan selesai pada bulan September.

Baca juga: 6 Perubahan Pada iPhone 16 Pro, Baru Rumor

iPadOS 18

iPadOS 18 termasuk salah satu perangkat yang mendapatkan pembaruan dari sisi perangkat lunak. Kemungkinan, iPadOS 18 akan menggabungkan sebagian besar fitur baru iOS 18, namun dengan penyesuaian interface layar yang lebih besar.

Dua sistem operasi seluler Apple, baik iOS maupun iPadOS terpecah pada tahun 2019, sehingga keduanya tampak serupa dalam banyak hal, namun iPad kemudian berkembang secara terpisah dari iPhone.

Sejak tahun 2022, iPadOS 16 dirilis sebulan setelah perilisan iOS 16, dan nampaknya untuk iOS 18 dan iPadOS 18 tidak akan hadir secara bersamaan.

macOS 15

Penamaan macOS 15 baru akan diketahui setelah gelaran WWDC 2024, sebagai kelanjutan dari macOS 14 yang dinamai Sonoma.

Beberapa prediksi penamaan mengemuka, sesuai dengan merek dagang yang diajukan Apple, yaitu antara macOS Rincon atau macOS Skyline.

Apple diketahui mengambil unsur penamaan untuk macOS dari landmark yang ada di California, salah satu negara bagian di USA, yang juga menjadi homebase-nya. Diantara landmark yang pernah digunakan seperti Mavericks, Yosemite, El Capitan, Sierra, High Sierra, Mojave, Catalina, Big Sur, Monterey, Ventura, dan terakhir Sonoma. 

Baca juga: Asa Kunjungan CEO Apple Tim Cook Ke Indonesia

Rilis Perangkat Keras

Meski hajatan tahun Apple bertajuk WWDC memfokuskan pada perangkat lunak, namun Apple kerap menyisipkan untuk meluncurkan produk perangkat keras juga. Seperti revisi iPhone generasi awal, yaitu iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, maupun HomePod yang sama dirilis di WWDC.

Khusus bagi Mac dan jajarannya, kerap mendapatkan ruang di forum WWDC. Seperti pada tahun 2017, Apple meluncurkan iMac Pro, serta pembaruan pada iMac, MacBook, dan MacBook Pro. 

Di tahun 2019, tepatnya di bulan Juni, Apple mengumumkan Mac Pro terbaru, dan Pro Display XDR. Pada WWDC 2020, Apple meluncurkan transisi dari Intel ke silicon Apple. Lalu, pada WWDC 2022, Apple meluncurkan chip M2 di MacBook Air dan MacBook Pro.

Lalu, pada WWDC 2023, Apple memperkenalkan Vision Pro, MacBook Air 15, serta Mac Studio dan Mac Pro dengan chip M2 Ultra.

Bagaimana dengan perkembangan perangkat keras Apple saat ini? Tentunya ada banyak rumor berkembang yang akan terjawab dalam Forum WWDC nanti, namun paling tidak bocorannya seperti berikut.

Vision Pro

Vision Pro telah diluncurkan di AS pada bulan Februari lalu, namun ketersediaannya baru sebatas di AS sendiri, diluar itu masih belum. Diperkirakan pada Juni ini, melalui Forum WWDC, Vision Pro baru tersedia di Inggris, Eropa, Kanada, dan Australia.

Baca juga: Apple Store Di Negara-Negara ASEAN, Kapan Ada Di Indonesia?

Jajaran iPad Terbaru

Produk Apple iPad bervariasi, mulai dari iPad Mini, iPad Air, iPad Pro, iPad Generasi 11. Salah satu diantaranya kemungkinan besar akan mendapatkan pembaruan di ajang WWDC 2024.

Ambil contoh iPad Mini Generasi 7 yang akan segera hadir. Lalu, iPad Air yang memasuki Generasi ke-6 akan mengalami pembaruan pada chip M2. Ada pula rumor yang menyebutkan iPad Air akan mengalami peningkatan dalam ukuran layar menjadi 12,9 inci. 

Sementara iPad Pro dirumorkan akan menggunakan layar OLED, dan kamera depannya bergeser ke sisi yang panjang. Ukuran layar juga akan menjadi 14 inci.

iPad generasi ke-11 sebagai iPad terakhir yang masih menggunakan port lightning, model generasi ke-9 kemungkinan akan dihentikan pada tahun 2024. Kemungkinan juga, Apple masih akan terus menjual model generasi ke-10, atau menurunkan harga entry-level untuk iPad generasi ke-11 saat diluncurkan nanti.

Jajaran Mac Terbaru

Kita sudah memiliki M3, M3 Pro, dan M3 Max, jadi pembaruan untuk MacMini dan Mac Studio sudah lama berakhir.

Selama bertahun-tahun, termasuk tahun 2023, Mac Pro telah diluncurkan di WWDC, demikian pula tahun ini. Namun harapan tentunya, agar Mac Pro disematkan prosesor M3 Ultra pada WWDC mendatang.

Jika harapan akan Mac Pro yang disematkan M3 Ultra, maka harapan yang sama tentunya untuk Mac Studio disematkan M3 Max.

iMac dan MacBook Air memiliki chip M3, dan MacBook Pro memiliki chip M3, M3 Pro, dan M3 Max, tentunya hanya masalah waktu sebelum chip yang sama masuk ke Mac Mini.

Rumor menyebutkan bila iMac Pro akan kembali dalam bentuk M3 Pro dan mungkin versi M3 Max dari All-In-One Apple. Kemungkinan hal ini akan muncul pada WWDC 2024 sepertinya kecil, karena kita mungkin harus menunggu lebih lama untuk iMac yang lebih besar ini.

Baca juga: Steve Jobs Perkenalkan iPhone Generasi Pertama 15 Tahun Lalu

Penutup

Hajatan tahunan WWDC 2024 menjadi agenda penting Apple untuk menguatkan circle-nya. Juni setiap tahunnya menjadi ajang untuk me-launching deretan software buatan Apple, yang melibatkan para pihak ketiga (third party).

Meski ajang WWDC tersebut bertema perangkat lunak, Apple memanfaatkan momen tersebut sebagai promosi deretan perangkat kerasnya. Bisa dibilang, WWDC menjadi semacam soft launch produk-produk Apple yang digelar di bulan Juni setiap tahunnya.

Lalu, pada bulan September, setiap tahunnya, Apple membuatnya menjadi semacam grand launching atas setiap produk-produk keluarannya.

So, kamu mau coba iOS 18 versi Beta? Silahkan saja, tapi ingat, tetap ada resiko kegagalan sistem ya Brother.(k@)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *