Apple Luncurkan Tiga Tipe iPhone Terbaru

Setahun berselang sejak Apple merilis iPhone 8 dan iPhone 8 Plus pada bulan September 2017 yang diklaim memiliki prosesor yang lebih cepat, tampil dengan teknologi tampilan terbaru, sistem kamera terkini, dan pengisian daya nirkabel.

Saat itu, Apple juga sekaligus merilis iPhone X dengan perangkat lunak yang lebih mutakhir dibanding seri-seri yang dirilis sebelumnya, mengganti tombol fisik dengan mode face ID dengan bentuk yang nyaris tanpa bezel dan menggunakan fitur pengisian daya nirkabel.

Juga di bulan September, tahun 2018, tepatnya pada tanggal 12, Apple kembali meluncurkan produk iPhone terbarunya di The Steve Jobs Theater, Apple Park, Cupertino, California.

Ada tiga produk iPhone yang dikenalkan Apple, masing-masing iPhone XS (iPhone “ten-ess”, bukan iPhone “ex-ess”), iPhone XS Max, dan iPhone XR (iPhone “ten-are”, bukan iPhone “ex-are”). Kehadiran tiga seri iPhone tersebut menggantikan iPhone terdahulu, iPhone X, iPhone 8 Plus, dan iPhone 8.

iphone xsUntuk tipe XS tersedia dalam 3 varian warna, silver, grey, gold, dan sudah mulai dipasarkan melalui pre-order sejak tanggal 14 September 2018, masing-masing dijual dengan harga mulai dari US $999 untuk XS 64 GB, dan US $1.099 untuk XS Max 64 GB.

Keduanya akan tersedia di pasaran mulai tanggal 21 September 2018, khususnya di lebih dari 30 negara berikut, yaitu, Australia, Austria, Belgia, Kanada, China, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Guernsey, Hongkong, Irlandia, Isle of Man, Italia, Jepang, Jersey, Luxemburg, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, Puerto Rico, Saudi Arabia, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, UAE, Inggris, Amerika Serikat, Kepualuan Virgin.

Pada tanggal 28 September 2018, kedua tipe XS juga akan ada dipasaran, yaitu di negara-negara berikut ini, yaitu, Andorra, Armenia, Bahrain, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Republik Ceko, Estonia, Georgia, Yunani, Greenland, Hongaria, Islandia, India, Kazakhstan, Kuwait, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Malta, Maroko, Oman, Polandia, Qatar, Rumania, Russia, Slovakia, Solvenia, dan Afrika Selatan

apple iphone xr

Sementara, untuk tipe XR meski sudah dirilis bersamaan dengan dua varian lainnya, akan mulai dipasarkan dengan pre-order mulai tanggal 19 Oktober 2018, dan akan tersedia di pasaran satu minggu setelahnya, 26 Oktober 2018.

Tersedia dengan enam varian warna, black, white, blue, coral, yellow dan red, tipe XR dijual mulai harga US $749 untuk 64 GB, alias US $250 lebih murah dibanding tipe XS 64 GB.

Ketiga varian terbaru itu, diklaim akan tahan air, sehingga lebih tangguh terhadap aktifitas sehari-hari yang tidak jauh dari terkena tumpahan air, kopi, teh, soda, maupun segala jenis cairan lainnya. Bahkan untuk tipe XS, diklaim akan lebih tahan lama, karena kemampuannya bertahan di dalam air hingga kedalaman 2 meter untuk masa waktu 30 menit.   

Baca juga: Apple, Hipnotisme Sebuah Merk Global

Ketiga tipe iPhone tersebut, ternyata dibekali pula dengan fitur yang kerap digunakan oleh smartphone buatan China, yaitu adanya Dual SIM.

Meski pada saat peluncuran, banyak netizen yang mencibir atas digunakannya Dual SIM dalam produk Apple iPhone, namun Apple sendiri memiliki alasan yang pasti bagi para pengguna setia iPhone yaitu dengan menjanjikan untuk mempermudah penggunaan telepon saat bepergian, memungkinkan penggunanya untuk masuk ke jaringan baru tanpa harus mengeluarkan kartu SIM yang biasa digunakan.

Dampak dirilisnya produk terbaru akan menggerus harga produk lama. Untuk iPhone 7 akan dijual mulai harga US $449, sedangkan untuk iPhone 8 akan dijual mulai harga US $599, dengan tetap tersedianya fasilitas unggulan yang selama ini memang telah ada.(k@)