9 Alasan Mengapa Anda Seharusnya Membeli iPhone XR dibanding iPhone XS

Apple kembali mengumumkan peluncuran produk iPhone terbarunya. Tidak tanggung-tanggung trio iPhone diluncurkan minggu lalu di Steve Jobs Theater, Apple Park, Cupertino, California.   

Digadang-gadang, iPhone yang baru dirilis Apple ini akan menjadi penampil yang paling ciamik, dan semakin menasbihkan sebagai  smartphone kelas premium bermerk global.

Menurut Anda, dari ketiga penampil ini, tipe iPhone mana yang seharusnya Anda pilih untuk Anda beli? Jika menyimak catatan dibawah ini, iPhone XR rasanya pantas berada dalam genggaman Anda.

Berikut adalah ulasan dan alasan mengapa Anda seharusnya membeli iPhone XR dibanding iPhone XS. Ada 9 alasan, silahkan simak dibawah ini.

1.  iPhone XR lebih murah US $250 dibanding iPhone XS

apple iphone xr, xs, xs maxFaktanya, pada saat diluncurkan secara bersama-sama, iPhone XR lebih murah US $250 dibanding iPhone XS. Tipe XR ini dilepas ke pasar mulai harga US $749 untuk 64 GB, dan meningkat harganya untuk yang 256 GB menjadi US $899.

Sedangkan XS dijual mulai harga US $999 untuk 64 GB, dan dilepas ke pasar dengan harga US $1.349 untuk kapasitas penyimpanan 512 GB. Sementara, untuk XS Max dijual dipasaran mulai harga US $1.099 untuk storage 64 GB, dan menjadi US $1.449 untuk kapasitas 512 GB.

Sebenarnya, tidak banyak orang yang benar-benar membutuhkan atau menggunakan kapasitas penyimpanan hingga 512 GB. Beberapa orang bahkan hanya menggunakan 62 GB, dari total 256 GB storage yang dimilikinya, dan itu pun sudah tertanam ratusan aplikasi, dan ribuan foto maupun text. 

Maksudnya, Anda perlu benar-benar memahami apakah memang 512 GB adalah storage yang Anda butuhkan, atau jangan-jangan sebenarnya dengan 64 GB saja, permasalahan Anda dalam memilih varian iPhone X mana yang akan menemani aktifitas harian Anda sudah selesai.

Tetapi bahkan jika Anda memilih penyimpanan yang lebih sedikit, Anda masih menyimpan lebih banyak uang jika Anda memilih XR dibandingkan dengan XS.

2.  iPhone XR tersedia dalam banyak pilihan warna dibanding iPhone XS

Untuk urusan warna, XS hanya tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu gold, silver dan abu-abu. Bagi Anda yang kebetulan penyuka diluar ketiga warna tersebut, nampaknya Anda mesti mengalihkan perhatian Anda memilih XS.

Mau tahu berapa warna yang tersedia untuk iPhone XR? Enam pilihan warna, diantaranya hitam, putih, biru, kuning, merah, dan warna coral, warna seperti campuran warna orange dan pink.

3.  iPhone XR memiliki layar yang lebih besar dibanding iPhone XS

Meskipun layar XR tidak sebesar layar raksasa XS Max yang 6,5 inci, namun iPhone XR sebenarnya memiliki layar yang lebih besar daripada iPhone XS.

XR memiliki layar LCD 6,1 inci, yang akan menampilkan lebih banyak konten Anda dibandingkan dengan layar OLED 5,8 inci pada iPhone XS.

Baca juga: Apple, Hipnotisme Sebuah Merk Global

4.  iPhone XR memiliki kamera depan yang identik seperti iPhone XS

Baik XR, XS, maupun XS Max, ketiganya sama-sama telah dilengkapi dengan fitur kamera 7-megapiksel di bagian depan untuk menyalakan sistem Kamera TrueDepth Apple untuk fitur Face ID.

Ketiga ponsel ini juga hadir dengan semua fitur yang sama yang menggunakan kamera depan, termasuk mode potret dengan bokeh canggih dan kontrol kedalaman, perekaman video HD 1080p, Smart HDR untuk foto, dan Animoji.

5.  iPhone XR memiliki sistem kamera belakang yang hampir identik dengan iPhone XS

XR, ataupun XS, dan iPhone XS Max, semuanya memiliki lensa sudut lebar 12 megapiksel yang sama di bagian belakang, dan sebagian besar memiliki fitur yang juga sama, seperti stabilisasi gambar optik, Smart HDR, mode potret, dan banyak lagi.

Satu-satunya perbedaan adalah bagaimana ponsel melakukan zoom.

XR tidak memiliki lensa telefoto, sehingga hanya dapat mencapai 3x zoom digital, sementara XS dan XS Max keduanya memiliki lensa telefoto, sehingga ponsel tersebut dapat mencapai zoom optik 2x, dan kemudian zoom digital 6x di atasnya.

Terkecuali jika Anda sering menggunakan zoom kamera untuk obyek-obyek yang jauh, maka selebihnya pengalaman Anda menggunakan kamera XR akan hampir sama dengan kamera yang ada di XS.

6.  iPhone XR didukung oleh chip yang sama dengan iPhone XS

Jika Anda khawatir tentang kinerja chip dari XR dibanding kinerja chip XS, karena harganya yang berselisih US $250, dipastikan kekhawatiran Anda itu salah. Mengapa? Karena, baik XS, XS Max, maupun XR semuanya didukung oleh chip A12 Bionic Apple yang baru sebagai otaknya, yang mencakup CPU 6-core dan GPU 4-core.

Dibandingkan dengan chip A11 Bionic yang digunakan pada iPhone X tahun lalu, yang dapat melakukan 600 miliar operasi per detik, chip A12 Bionic yang tertanam pada XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR dapat menghasilkan 5 triliun operasi per detik.

Sebuah perbandingan yang sangat jauh sekali, hampir 9x lipatnya.

Baca juga: Apple Luncurkan Tiga Tipe iPhone Terbaru

7.  iPhone XR memiliki masa pakai baterai yang lebih lama daripada iPhone XS

Bicara mengenai daya tahan baterai smartphone yang satu ini, tahun lalu yang dapat bertahan sekitar 12 hingga 13 jam dengan sekali pengisian. Dibanding generasi terdahulunya, kekuatan baterai iPhone XS dapat bertahan 30 menit lebih lama dari iPhone X, jadi berkisar antara 12,5 hingga 13,5 jam.

Sementara, untuk daya baterai XS Max dapat bertahan 90 menit lebih lama dari pada iPhone X, jadi harapkan 13,5 hingga 14,5 jam.

Tetapi iPhone XR bahkan lebih baik. Apple mengatakan, iPhone XR bertahan 90 menit lebih lama dari pada iPhone 8 Plus tahun lalu, yang memiliki masa pakai baterai terbaik dari iPhone yang dirilis Apple tahun lalu: itu bisa bertahan sekitar 14-15 jam dengan sekali pengisian.

Dan itu artinya baterai iPhone XR seharusnya bisa tahan sekitar 15,5 hingga 16,5 jam dalam sekali pengisian. Terdapat selisih masa pakai baterai dua hingga tiga jam, dibandingkan dengan iPhone XS dan iPhone XS Max, tentu sebuah perbedaan yang cukup berarti bukan?

8.  IPhone XR memiliki sistem dual-SIM yang sama dengan iPhone XS dan XS Max

Meskipun diperkenalkan sebagai fitur di XS, semua iPhone baru, termasuk XR, mendapatkan fitur dual-SIM baru dari Apple, yang memungkinkan orang-orang memegang satu kartu nano-SIM fisik di ponsel mereka, dan juga kartu SIM elektronik, atau “eSIM.”

Memiliki dua kartu SIM di iPhone Anda akan memungkinkan Anda memiliki dua nomor telepon dan terhubung ke banyak operator atau jaringan, dan ini tentu menjadi sangat ideal ketika Anda bepergian, atau bagi Anda yang tidak ingin terikat dengan satu operator saja, mungkin saja kartu yang satu murah dan bagus koneksinya untuk soal paket data, sementara yang lainnya baik dalam hal koneksi telepon.

Terkait dengan ini, khususnya untuk China mendapatkan versi terpisah dari iPhone, yaitu dengan dual SIM fisik, bukan kombinasi eSIM dan nano-SIM seperti yang diberikan Apple untuk negara diluar China.

9.  iPhone XR, XS, dan XS Max semuanya memiliki ekosistem Apple yang sama

Ketiga varian iPhone X yang baru diluncurkan ini, baik iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR diluncurkan dengan iOS terbaru, yaitu iOS 12, sebuah sistem operasi seluler terbaru Apple untuk iPhone dan iPads.

Itu berarti ketiga iPhone mendapatkan pembaruan perangkat lunak yang sama langsung dari Apple, App Store yang sama, dan fitur keamanan dan privasi yang sama hebatnya.

—-

Itulah alasan mengapa Anda seharusnya membeli varian iPhone XR dibanding dua iPhone lainnya. Tetapi, semua kembali lagi pada Anda, baik dari sisi fungsi dan kegunaan iPhone itu sendiri nantinya, maupun dari sisi budgeting. Selamat mempertimbangkan.(k@)