Tips Optimalkan Storage iPhone Yang Terbatas

Bagi rata-rata para pengguna iPhone, khususnya untuk yang membeli iPhone dengan memori 16 GB pasti sudah tidak terkejut lagi dan tentunya sudah sering melakukan banyak cara agar media storage iPhone-nya tidak sampai penuh sehingga masih muat untuk menyimpan data yang baru.

Karena apabila sampai penuh tentu ini akan berdampak pada kinerja sistem yang sedikit melambat.

Pada iPhone yang tak disediakan slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan data di iPhone, alternatif terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membeli iPhone dengan memori internal yang kapasitasnya lebih besar.

Baca juga: 9 Alasan Mengapa Anda Seharusnya Membeli IPhone XR Dibanding IPhone XS

Beberapa iPhone dilengkapi storage dengan kapasitas mulai dari 64 GB, 128 GB, 256 GB atau bahkan storage sebesar 512 GB yang jauh lebih besar dan Anda bisa membeli itu sesuai kebutuhan Anda dalam menyimpan banyaknya data.

Tapi bagaimanakah jika Anda tidak punya dana yang cukup untuk membeli model iPhone dengan memori internal yang lebih besar kapasitasnya?

Berikut adalah solusi untuk Anda yang mengalami masalah dengan penyimpanan atau storage iPhone yang terbatas.

Baca juga: iPhone XR, Bukan Sekedar Telepon

1. Hapus Bila Ada Aplikasi Yang Tidak Anda Butuhkan

Cara tercepat yang bisa Anda lakukan dengan segera adalah dengan memeriksa mana saja aplikasi yang sudah tidak digunakan atau tidak begitu penting, maka dengan demikian disarankan agar Anda segera menghapusnya.

2. Memanfaatkan Layanan Streaming

Anda tidak perlu repot-repot menyimpan koleksi lagu atau film favorit di dalam iPhone.

Masih ada jalan lain, Anda bisa berpindah ke layanan streaming yang sudah ada saat ini sebagai contoh ada Spotify, Joox, Hooq, Deezear, Viu atau iFlix yang mungkin Anda sudah pernah dengar sebelumnya.

Meski memakan kuota, aplikasi di atas sangat bisa jadi alternatif karena menawarkan fitur yang bisa membantu Anda menikmati konten secara offline tanpa harus mengaktifkan paket data.

Tapi Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu, konten tersebut bisa Anda hapus secara manual atau secara otomatis tanpa harus bersusah payah menghubungkan antara iPhone ke PC atau Mac.

Baca juga: Apple Jadi Merek Top Amerika Pilihan Konsumen

3. Menyimpan Foto Di Google Photos

Apple memberikan fasilitas penyimpanan di cloud lewat iCloud, namun sayangnya layanan tersebut memiliki kuota dengan limit yang terbatas, karena hanya memiliki penyimpanan dengan kapastias hanya sampai 5 GB saja.

Namun jangan khawatir, masih ada alternatif lain yang bisa jadi solusi.  Anda bisa mengunduh aplikasi Google Photos.

Apa saja kelebihannya? Dengan menggunakan Google Photos Anda bisa menyimpan data sebanyak mungkin bahkan bila foto yang Anda simpan berkualitas tinggi sekali pun.

Apabila Anda sudah menyimpan foto-foto Anda di Google Photos, maka Anda sudah bisa menghapus foto-foto yang masih tersimpan di iPhone. Jadi, Anda bisa simpan di Google Photos saja agar lebih hemat ruang disk.

4. Matikan Fitur Photo Stream

Fitur Photo Stream yang ada di aplikasi Photo memang sangat bermanfaat jika Anda mempunyai beberapa perangkat iOS. karena Anda bisa mengambil foto dengan menggunakan iPhone Anda dan setelah itu Anda bisa membaginya ke perangkat iOS yang lain.

Namun bila tidak sama sekali digunakan, ada baiknya Anda matikan saja fitur tersebut.

Baca juga: Gelegar Musik Asik Dari Apple ITunes

5. Matikan Pengaturan Pada Aplikasi Camera Yang Menyimpan Foto Asli Dan HDR

Fitur HDR yang ada di iPhone memang sangat berguna bagi Anda yang ingin mengambil foto dengan lebih detail dan kualitas bagus.

Namun, secara otomatis bila Anda memilih pengaturan tersebut yang terjadi adalah ketika Anda menyimpan foto non HDR yang asli maka Anda akan memiliki dua foto yang sama ketika fitur HDR di aktifkan.

Jadi, Anda bisa mematikan fitur HDR agar tidak banyak memakan penyimpanan.

6. Selalu Bersihkan Data Cache Di Browser

Tidak masalah bagi Anda memilih browser apa yang digunakan untuk menjelajah di internet, baik itu Chrome atau Safari.

Namun, yang perlu Anda ingat adalah setelah Anda selesai menggunakan aplikasi tersebut, ada baiknya Anda menghapus cache pada browser yang Anda gunakan itu agar penyimpanan di iPhone tidak banyak memakan memori.(k@)

Sumber gambar: Bussines Insider