5 Tips Mengisi Ulang Baterai MacBook Dengan Lebih Cepat

Notebook Mac atau yang lebih dikenal dengan MacBook adalah produk keluaran Apple, yaitu sebuah perusahaan teknologi kelas dunia, yang di desain dengan ukuran yang lebih ringan, nyaman digunakan dan baterai yang daya tahannya bisa tahan setengah hari bahkan lebih.

Selain untuk membantu aktivitas sehari-hari dalam bekerja maupun belajar, MacBook juga banyak digunakan untuk kebutuhan gaming karena spesifikasi yang kuat dan performa yang baik sangat bisa diandalkan sebagai laptop gaming.

Namun namanya juga perangkat yang menggunakan baterai sebagai sumber energi utama, bila digunakan terlalu lama maka baterai MacBook juga akan habis bila Anda menggunakannya secara terus-menerus.

Baca juga: Tips Optimalkan Storage iPhone Yang Terbatas

Berikut ini adalah 5 tips mengisi ulang baterai MacBook dengan lebih cepat.

1. Mengisi Baterai Saat MacBook Tidak Digunakan

Tips ini merupakan tips yang paling gampang untuk Anda lakukan agar baterai MacBook bisa terisi penuh dengan durasi lebih cepat dari waktu biasanya.

Karena dalam kondisi sleep atau saat MacBook sedang dimatikan, penggunaan baterai ke hardware lain akan diputuskan untuk sementara sehingga proses mengisi ulang baterai bisa berlangsung optimal dalam waktu yang relatif singkat.

Jika Anda pengguna MacBook yang sering menggunakan MagSafe, untuk melihat apakah baterai yang di charging sudah terisi atau belum bisa anda lihat dengan lampu indikator yang letaknya ada di ujung MagSafe.

Jika lampu indikator sudah berubah menjadi warna hijau menunjukkan bahwa baterai Macbook sudah penuh, namun jika warnanya masih orange berarti baterai masih dalam proses charging.

Baca juga: iPad Pro, Gawai Andalan Apple 

2. Selalu Gunakan Charger Asli

baterai macbook

Kasus ini hampir sama dengan smartphone dan tentunya sering kita temukan masalahnya, jika anda ingin smartphone lebih cepat terisi saat pengisian baterai, pasti Anda menggunakan charger bawaan dari smartphone Anda atau charger originalnya.

Sama halnya dengan Notebook Mac, pastikan Anda selalu menggunakan adaptor MagSafe (charge) dengan daya yang standarisasinya sudah disesuaikan oleh Apple, agar proses charging lebih cepat dan maksimal.

Bila Anda menggunakan charger yang asli, manfaatnya dapat menjaga agar baterai MacBook Anda tidak cepat rusak dan lebih tahan lama karena arus yang masuk sudah disesuaikan dengan kebutuhan MacBook.

Baca juga: iPhone XR, Bukan Sekedar Telepon

3. Jangan Tunggu Sampai Baterai Habis

Kebiasaan buruk dari sekian banyak pengguna perangkat elektronik saat ini yaitu menunggu sampai baterai perangkat tersebut sampai hampir habis bahkan ada yang sampai mati total lalu kemudian baru mengisi dayanya.

Sama halnya dengan MacBook, jika Anda terus memakai MacBook hingga baterai hampir habis, kemudian mengisinya dan jika terjadi terlalu sering dilakukan maka lama-lama ini akan menjadi masalah.

Hal tersebut akan berakibat buruk pada baterai, karena dapat membuat umur baterai jauh lebih singkat, cepat rusak dan membuat Anda harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk mengganti baterai maupun unit MacBook dengan yang baru.

Baca juga: 9 Alasan Mengapa Anda Seharusnya Membeli iPhone XR dibanding iPhone XS

4. Atur Setting

Jika Anda tetap ingin memakai MacBook bila ada keperluan yang harus dikerjakan tetapi juga ingin proses pengisian daya baterai berjalan lebih cepat, yang harus Anda lakukan adalah buka menu Setting untuk bisa mengatur beberapa pengaturan sederhana.

Sebagai contoh, Anda bisa mematikan sambungan Wi-Fi dan Bluetooth jika Anda sedang tidak menggunakan internet.

Anda juga bisa mengurangi kontras layar, mematikan back light keyboard dan Anda juga bisa mencabut beberapa perangkat tambahan yang terhubung, seperti USB, hard disk external atau DVD eksternal.

Baca juga: Apple, Hipnotisme Sebuah Merk Global

5. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai MacBook

Jika Anda tetap ingin menggunakan MacBook padahal sedang dalam kondisi di charge, Anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi lain yang fungsinya menghemat dan mengecek kontrol baterai.

Misalnya saja Coconut Battery, manfaat dari aplikasi ini adalah untuk melihat proses pengisian daya dari keadaan kosong total sampai terisi penuh (Cycle Count), memantau kapasitas daya maksimal, umur baterai dan lainnya.

Dengan tetap membuat baterai MacBook hemat, selain itu Anda juga bisa mengisi baterai MacBook dengan lebih cepat.

Dengan kondisi baterai yang sudah penuh, maka aktivitas Anda yang sering menggunakan MacBook pun akan jadi lebih lancar. Jadi pastikan selalu baterai MacBook Anda selalu dalam kondisi terisi.(k@)

Sumber gambar: geekdasboard

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *