Cara Copy-Paste File Di Mac Atau MacBook

Selama ini mungkin Anda terbiasa dengan Microsoft Windows OS (Operating System), termasuk saat bekerja menggunakan Microsoft Word maupun Microsoft Excel, dan berinteraksi dengan file dari hasil kerja yang Anda buat untuk bertukar atau berbagi file dengan rekan kerja Anda.

File hasil kerja di Microsoft Word berekstensi (.doc) atau Microsoft Excel berekstensi (.xls) tersebut, ingin Anda gandakan ke flash drive rekan kerja Anda, dengan menggunakan cara pintasan (shortcut) copy-paste yang biasa Anda lakukan.

Bila itu Anda lakukan di Windows OS jelas tidak ada masalah, lalu bagaimana jika hal tersebut, yaitu copy-paste file, Anda lakukan di MacBook?

Nah, artikel kali ini akan membahas tentang cara copy-paste file di Mac atau MacBook, yang berbeda dengan yang biasa Anda lakukan di Windows OS.

copy-paste di macos

Selama ini, cara pintasan yang biasa kita lakukan di Windows OS untuk copy-paste file yaitu dengan pilih file, lalu menggunakan perintah dengan menekan tombol CTRL+C, lalu diikuti CTRL+V.

Baca juga:

Apple Kembali Luncurkan iPhone Teranyar
Apa Itu Podcast?
Tips Praktis Back-Up Data Mac Menggunakan Time Machine
5 Tips Mengisi Ulang Baterai MacBook Dengan Lebih Cepat
 Cara Cut-Paste File Di MacBook

Fungsi perintah tersebut akan memindahkan file dari satu lokasi ke lokasi lain, misal dari komputer atau notebook ke flash drive atau sebaliknya, bisa satu file atau banyak file secara sekaligus.

Sedangkan bila Anda ingin melakukan hal tersebut, yaitu copy-paste file di Mac atau MacBook, sebenarnya caranya tidak berbeda jauh. Yang membedakan adalah pada keyboard di MacBook yang berbasis MacOS, terdapat tombol Command atau CMD yang fungsinya sama dengan tombol CTRL pada keyboard di Windows OS.

Jadi, untuk copy-paste file di Mac atau MacBook, Anda tinggal pilih file, lalu berikan perintah pada keyboard dengan menekan tombol CMD+C, diikuti CMD+V.

Nah, sangat mudah sekalikan caranya? Jadi kesimpulannya, tombol “C” dan “V” nya sama, yang membedakan hanya pada tombol CTRL di Windows OS, sedangkan di MacOS menggunakan CMD.

Salam Apel.(k@)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *