Tips Praktis Back-Up Data Mac Menggunakan Time Machine

Bila anda pengguna OS Windows tentu tidak asing lagi dengan fitur Restore Point, fitur tersebut digunakan untuk back-up data, namun bagi pengguna komputer MacBook, MacBook Air ataupun iMac jangan khawatir, karena produk-produk besutan Apple tersebut juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk back-up data.

Berbeda dengan OS Windows yang hanya menyediakan fitur Restore Point, komputer Mac baik itu tipe MacBook, MacBook Pro, MacBook Air dan iMac menyediakan fitur yang memungkinkan anda untuk melakukan back-up semua data di file sistem Mac OS X atau pun Mac OS dan juga file lainnya dengan menggunakan Time Machine.

Proses back-up data di Mac bisa dikatakan cukup mudah dilakukan dengan Time Capsule ataupun disebut juga hard-disk eksternal.

Baca juga: Tips Optimalkan Storage IPhone Yang Terbatas

Jika sebelumnya Anda termasuk pengguna Windows maka Anda pasti mengenal fitur Restore Point yang merupakan fitur bawaan Windows.

Namun fitur Windows tersebut jelas berbeda dengan Time Machine yang mampu melakukan back-up untuk semua file termasuk program dan sistem operasi.

Berdasarkan keunggulan itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa produk Apple nilainya mahal dan itulah kelebihan Mac, baik itu MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, atau iMac.

Fitur Time Machine tidak hanya digunakan untuk back-up data otomatis di Mac, tapi kelebihan lainnya adalah mampu restore semua file termasuk file instalasi Mac OS X ataupun Mac OS.

Sudah Kenal Dengan Apple Time Machine?

Time Machine adalah aplikasi bawaan dari Mac OS X dan Mac OS yang berguna untuk memback-up semua data yang ada di Mac, bukan cuma file tertentu saja, tapi semua file termasuk aplikasi dan sistem operasi Mac.

Aplikasi ini sudah disediakan ketika Anda membeli Mac sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk membayar lisensi untuk bisa menggunakan aplikasinya.

Baca juga: 5 Tips Mengisi Ulang Baterai MacBook Dengan Lebih Cepat

Mudah saja cara menggunakan Time Machine, Anda hanya perlu tancapkan Time Capsule atau hard disk eksternal ke perangkat Mac melalui port FireWire, atau ThunderBolt. Setelah itu, Mac akan langsung otomatis mendeteksi lalu akan muncul jendela yang menanyakan apakah hard-disk tersebut akan digunakan untuk melakukan back-up data dengan Time Machine.

Walaupun bisa dikatakan begitu mudah, masih ada banyak pengguna MacBook yang masih belum mengetahui hal tersebut. Nah, berikut ini cara untuk melakukan back-up data Mac dengan Time Machine dan hard-disk eksternal.

1. Mempersiapkan Perlengkapan Untuk Back-up Mac

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Komputer Mac dengan sistem operasi Mac OS X (Mac OS Sierra, El Capitan, Yosemite, Mavericks, Mountain Lion atau versi lainnya).
  • Hard disk eksternal, minimal berukuran 500 GB yang sudah mendukung Mac OS X. Pastikan kapasitas hard-disk Mac lebih kecil atau tidak lebih besar dari kapasitas hard-disk yang akan dipakai untuk memback-up data Mac. Ada baiknya Anda menggunakan hard-disk eksternal dengan kapasitas yang besar, minimal 1 TB.

Baca juga: 9 Alasan Mengapa Anda Seharusnya Membeli IPhone XR Dibanding IPhone XS

2. Membuat Partisi Hard-Disk Eksternal

Setelah Anda membeli hard-disk eksternal, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat partisi pada hard-disk eksternal yang sudah Anda beli itu dengan menggunakan Disk Utility yang bisa dibaca oleh Mac OS X yaitu OS X Extended (Journaled).

Secara default, saat hard-disk eksternal dicolokkan ke Mac, semua kapasitas hard disk eksternal tersebut akan digunakan oleh Time Machine untuk keperluan back-up data Mac. Tapi bila Anda hanya ingin memakai sebagian saja maka Anda harus membagi menjadi dua partisi hard-disk eksternal tersebut.

3. Back-up Data Mac Ke Hard-Disk Eksternal Dengan Time Machine

back up time machine

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah back-up semua data Mac dengan menggunakan Time Machine ke hard-disk eksternal yang tadi sudah Anda beli. Ikutilah langkah-langkah berikut.

  • Colokkan hard-disk eksternal Anda ke Mac melalui port USB.
  • Klik menu Apple – System Preferences.
  • Selanjutnya anda klik Time Machine.
  • Setelah jendela Time Machine muncul, langkah selanjutnya klik Select Back-up Disk.
  • Lalu pilih partisi hard-disk untuk back-up yang telah Anda buat diatas tadi kemudian Anda bisa klik Use Disk.
  • Kini Time Machine akan otomatis dalam posisi “ON” dan akan memulai proses back-up.

Baca juga: Gelegar Musik Asik Dari Apple iTunes

Pada jendela Time Machine yang muncul, akan muncul informasi yang memberi tahu Anda mengenai berapa besar kapasitas data yang akan di back-up, seberapa lama prosesnya.

Waktu yang diperlukan untuk back-up semua data di Mac dengan Time Machine tergantung dari besarnya keseluruhan file dan pada kecepatan transfer data.

Anda juga bisa memback-up data dengan mencabut dan mencolokkan ulang hard-disk eksternal yang sudah Anda bagi partisinya, kemudian secara otomatis Mac akan mendeteksi dan menanyakan apakah hard-disk eksternal tersebut akan digunakan sebagai media back-up.

Selanjutnya, Anda harus pilih partisi hard-disk mana yang akan digunakan, lalu Anda bisa klik Use as Back-up Disk. Demikian tips praktis back-up data Mac menggunakan Time Machine, semoga bermanfaat untuk Anda.(k@)

Sumber : Apple