Cara Print Screen Di MacBook

Bila selama ini Anda hanya familiar dengan komputer atau laptop berbasis OS Windows, termasuk menjalankan perintah Print Screen dengan mudah menggunakan tombol Prnt+Scr, tapi tahukah Anda bagaimana cara melakukan perintah Print Screen tersebut di MacBook?

Perintah Print Screen di komputer atau laptop berbasis OS Windows cukup dilakukan melalui tombol Prnt+Scr yang terdapat di keyboard. Selebihnya, untuk menyesuaikan hasil Print Screen dengan kebutuhan tinggal melakukan cropping saja.

Lantas, apakah sama langkahnya jika melakukan Print Screen di MacBook atau komputer berbasis macOS?

Ternyata, untuk melakukan hal tersebut di produk besutan Apple berbeda dengan yang biasa Anda lakukan di laptop atau komputer berbasis OS Windows. Sebabnya, pada keyboard MacBook tidak terdapat tombol Prnt+Scr.

Lalu, bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini. Tapi sebelum ke pokok materi, kita bahas dulu apa itu Print Screen?

Print Screen Adalah

Dikutip dari Wikipedia, Print Screen, atau Screenshot, atau Screen Capture, atau Tangkapan Layar, atau Cuplikan Layar adalah sebuah aktifitas untuk merekam tampilan yang tampak pada layar komputer, laptop, maupun smartphone.

Namun, tiap perangkat pasti memiliki perbedaan cara dalam melakukan Print Screen. Jangankan untuk perbedaan merek, perbedaan seri atau model saja akan membuat cara melakukan Print Screen juga berbeda.

Sama halnya seperti iPhone 6s Plus dengan iPhone X, termasuk juga MacBook dengan laptop ber-OS Windows.

Cara Melakukan Print Screen di MacBook

MacBook melalui macOS telah menyiapkan 3 alternatif untuk para penggunanya dalam melakukan Print Screen, dengan opsi meng-capture seluruh layar, window atau jendela, atau hanya sebagian dari layar.

#1. Cara mengambil tangkapan layar di MacBook

Cara pertama untuk mengambil tangkapan layar, tekan dan tahan ketiga tombol ini bersamaan: Shift, Command, dan 3.

macos-print-screen-shift-command-3

Jika Anda melihat thumbnail di sudut layar, klik untuk mengedit screenshot. Atau tunggu hingga tangkapan layar disimpan ke desktop Anda.

#2. Cara menangkap sebagian layar

Tekan dan tahan ketiga tombol berikut ini secara bersamaan: Shift, Command, dan 4.

macos-print-screen-shift-command-4

Seret bidik untuk memilih area layar yang akan diambil gambarnya. Untuk memindahkan pilihan, tekan dan tahan space bar sambil menyeret. Untuk membatalkan pengambilan screenshot, tekan tombol Esc (Escape).

Untuk mengambil screenshot, lepaskan mouse atau tombol trackpad Anda.

Jika Anda melihat thumbnail di sudut layar, klik untuk mengedit screenshot. Atau tunggu hingga tangkapan layar disimpan ke desktop Anda.

#3. Cara menangkap jendela atau menu

Buka jendela atau menu yang ingin Anda tangkap.

Tekan dan tahan tombol ini bersamaan: Shift, Command, 4, dan Space bar. Penunjuk berubah menjadi ikon kamera. Untuk membatalkan pengambilan screenshot, tekan tombol Esc (Escape).

macos-print-screen-shift-command-4-spacebar

Klik jendela atau menu untuk menangkapnya. Untuk mengecualikan bayangan jendela dari tangkapan layar, tekan dan tahan tombol Option saat Anda mengklik.

Jika Anda melihat thumbnail di sudut layar, klik untuk mengedit screenshot. Atau tunggu hingga tangkapan layar disimpan ke desktop Anda.

Di Mana Menemukan Tangkapan Layar

Secara default, tangkapan layar disimpan ke desktop Anda dengan nama “Cuplikan Layar [tanggal] pada [waktu].png.”

Di macOS Mojave atau versi lebih baru, Anda dapat mengubah lokasi default tangkapan layar yang disimpan dari menu Opsi di app Tangkapan Layar. Anda juga dapat menyeret thumbnail ke folder atau dokumen.

***

Itulah sekilas tentang cara melakukan Print Screen di MacBook.

Baca juga artikel lainnya:

Sumber gambar: Apple

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *