Cara Cut-Paste File Di MacOS

Jika di artikel sebelumnya Anda sudah tahu bagaimana cara Copy-Paste file di Mac dan MacBook, maka pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara Cut-Paste file di MacOS.

Sama seperti dalam bahasan sebelumnya, mungkin selama ini Anda terbiasa dengan Microsoft Windows OS (Operating System), termasuk saat bekerja menggunakan Microsoft Word maupun Microsoft Excel, dan berinteraksi dengan file dari hasil kerja, baik di Word (.doc) atau Excel (.xls), dengan cara pintasan (shortcut) yang paling umum, yaitu Copy-Paste maupun Cut-Paste file.

cut-paste-di-mac-dan-macbook

MacOS sudah jelas berbeda dengan Windows, meski keduanya sama-sama Operating System (Sistem Operasi), dan sudah barang tentu, karena keduanya adalah OS yang berbeda, maka perintahnya pun akan berbeda pula.

Bila selama ini Anda menggunakan perintah untuk cut-paste di Windows menggunakan perintah CTRL+X, lalu diikuti dengan CTRL+V, maka di MacOS, cara cut-paste­-nya jelas berbeda.

Jika Anda berasumsi sebagaimana ditulis dalam artikel sebelumnya, yaitu perintah CTRL (Control) di Windows, sama dengan perintah CMD (Command) di MacOS, maka saat Anda mencoba melakukan cut-paste dengan CMD+C, lalu diikuti dengan CMD+V, maka dijamin file ada yang berpindah, namun itu sama saja dengan perintah copy-paste, bukan cut paste.

Lagi pula kan, hal tersebut sudah dibahas jelas di artikel sebelumnya.

Nah, lalu bagaimana caranya? Caranya, saat Anda sudah memencet tombol CMD+C, selanjutnya diikuti dengan CMD+Option+V. Maka dengan begitu, file yang semula ada di diluar folder bisa berpindah ke dalam folder (move).

“Cut-Paste di Mac atau MacBook, CMD+C pada file, kemudian diikuti dengan CMD+Option+V”

Cukup jelas yah caranya? Biar pembahasan yang sebenarnya singkat ini jadi tidak panjang lebar. Ok, kalau begitu selamat mencoba.

Mau lihat lebih banyak pintasan di MacOS, simak disini.(k@)

Baca juga artikel lainnya di Kolom Apple:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *