Ini Beda Authorized Reseller dengan Premium Reseller Produk Apple

Menyimak penjelasan dalam artikel sebelumnya, Anda tentu akan bingung, ada gerai yang dilabeli Authorized Reseller, lalu ada pula yang dilabeli dengan Premium Reseller, dan keduanya sama-sama untuk support penjualan produk Apple. Nah pertanyaannya, apa beda authorized reseller dengan premium reseller?

Dalam menopang produknya, Apple Inc, sebagai salah satu perusahaan dengan merk dunia, dan menjadi salah satu brand paling top pilihan konsumen Amerika Serikat, tentu akan benar-benar menjaga performanya, dalam hal kualitas produk melalui rantai distribusi.

Untuk tahu apa perbedaanya, simak artikel ini sampai habis ya.

Let’s, check it out.

Authorized Reseller

Authorized reseller adalah gerai yang menjual produk-produk Apple original, dengan skala layanan hanya untuk penjualan saja. Bila Anda membeli iPhone disini, maka Anda akan mendapatkan garansi resmi, dan bila misal iPhone tersebut mengalami kerusakan karena jatuh, Anda bisa saja membawanya kesini, namun untuk perbaikannya tidak dilakukan disini.

gerai-digimap-authorised-reseller

Secara konsep gerai, authorized reseller memang tidak seperti konsep gerai premium reseller, dapat dilihat dari besaran atau luas gerainya, yang umumnya tidak lebih dari 100 meter persegi.

Desain gerai pada umumnya mengikuti konsep dan tata letak yang sudah dirilis Apple pada setiap gerainya.

Baca juga: Bingung Memilih Casing, Ini Perbedaan iPhone 6s dan iPhone 6 Plus

Premium Reseller

Premium reseller adalah gerai yang menjual produk-produk Apple, yang menjadi partner Apple. Desain atau konsep gerai premium reseller umumnya berkesan mewah dan elegan, serta harus mendapat lisensi langsung dari Apple mengenai bentuknya seperti apa.

gerai-ibox-premium-reseller-di-kelapa-gading-jakarta
Eric Dinardi/Bacteria Photography

Luas gerai pun, biasanya dua kali lipat atau lebih dibanding gerai authorized reseller, dengan cakupan layanan mulai dari sales, after-sales, hingga training-center. Sehingga pada gerai premium reseller ini, selain Anda dapat membeli produk Apple, juga sekaligus servis bila produk Apple yang Anda beli mengalami kerusakan atau kendala.

Kesan mewan, elegan, futuristik selalu dikedepankan oleh Apple untuk gerai premium reseller-nya, ditandai dengan besaran atau luas gerai yang umumnya lebih dari 100 meter persegi.

Beda Authorized dan Premium Reseller

Jadi jelas yah, perbedaan antara authorized reseller dan premium reseller, meskipun bila Anda mengunjungi gerai-gerai tersebut saat di mal, ya masih tetap bingung juga, karena secara bentuk sebenarnya hampir tidak jauh berbeda, atau mungkin kitanya yang memang tidak terlalu mempedulikan hal tersebut, karena hanya fokus pada produknya saja.

gerai-ibox-authorized-reseller-bintaro-plaza-jakarta

Nah, pemain dibidang ini di Indonesia, seperti telah diulas pada artikel sebelumnya, diantaranya yaitu iBox yang berada dibawah naungan PT Erajaya Swasembada, Tbk, yang hingga saat ini sudah membuka kurang lebih sebanyak 54 gerai di kota-kota utama di Indonesia.

gerai-digimap-premium-reseller-indonesia

Selain itu, ada pendatang baru dari Grup Mitra Adi Perkasa, atau MAP, dengan menggunakan brand dagang Digimap yang memiliki kurang lebih 18 gerai di kota-kota di seluruh Indonesia, diantaranya Jakarta, Bekasi, Bali, Surabaya, hingga Medan.

Baca juga: Beli Produk Apple? Ini Tempatnya

Apple Store

Diatas keduanya, baik premium reseller, maupun authorized reseller, ada yang disebut dengan Apple Store, yang pengelolaannya dilakukan secara langsung oleh brand Apple tanpa melibatkan pihak lain, seperti distributor.

Karena langsung dikelola oleh Apple, tentu dipastikan ukuran gerai-nya pasti besar jika dibanding yang dikelola oleh pihak ketiga atau partner Apple, sebagaimana yang biasa kita jumpai di mal-mal.

Apple Store tentu sifatnya istimewa, dan karena istimewanya itu, untuk di Indonesia sendiri hingga saat ini belum ada, kecuali yang sudah disebutkan diatas.

Di seluruh dunia, jumlah Apple Store hingga saat ini baru berjumlah 506 gerai yang tersebar di 25 negara, dengan store pertama di Amerika Serikat yang didirikan pada 19 Mei 2001 di Tysons Corner Center.

Hingga saat ini, Thailand menjadi negara ke-25 yang telah memiliki Apple Store pertama di negeri Gajah Putih itu, yang telah dirilis pada 10 November 2018 di Iconsiam Bangkok.

Di ASEAN sendiri, baru dua negara yang telah memiliki Apple Store, yaitu Thailand, dan Singapura dengan toko pertamanya berlokasi Orchard Road yang dirilis pada 27 Mei 2017.

Baca juga: Apple Kembali Luncurkan iPhone Teranyar

****

Biar gak lupa, dan biar jelas bedanya, gampang cara bacanya, simak di tabel berikut ini.

Jenis StorePengelolaLayananLuas Gerai
Authorized ResellerPartner AppleSales,
training
< 100 m2
Premium ResellerPartner AppleSales, After-sales, training> 100 m2 – 300 m2
Apple StoreAppleSales, After-sales, training> 300 m2

Seperti itu kira-kira perbedaan antara beberapa model gerai Apple, baik beda authorized reseller dengan premium reseller, serta Apple store. Semoga sudah tidak membingungkan lagi. Kalau bicara kualitas barang atau jaminan after-sales, sangat jelas, baik authorized maupun premium reseller sudah tidak perlu diragukan lagi.

Maka untuk mendapatkan jaminan akan kualitas produk Apple sesuai yang ditawarkan, pilihan tentu jatuh pada keduanya, yakni authorized reseller dan premium reseller, sambil kita kesampingkan Apple Store karena di Indonesia memang belum ada.

Terakhir, bila Anda memiliki pertanyaan, silahkan isi kolom komentar dibawah, dan terima kasih sudah berkunjung di blog ini.(k@)

Baca juga artikel lainnya di blog:

7 Comments

  1. Apakah kualitas iphone 12 di ibox dan digi map berbeda? Karena dulu teman bilang kualitas kamera iphone di ibox jauh lebih bagus dri. Infinix ( sebelum ganti nama)

    1. kolomapple says:

      Semestinya tidak ada perbedaan bila Anda membeli iPhone 12 di salah satu dari kedua reseller resmi produk Apple tersebut, dan justru Anda akan mendapatkan jaminan barang ori dan mendapatkan garansi resmi.
      Bila Anda ingin mengetahui apakah barang tersebut resmi atau tidak, Anda dapat mengecek https://imei.kemenperin.go.id/

      1. Harga ipad pro di ibox dan digimap berbeda ?kenapa ya?apa kualitas produk berbeda?

        1. kolomapple says:

          bila perbedaan harganya tidak terlalu jauh, maka itu hanya soal margin perusahaan saja, dan bagian dari strategi perusahaan untuk berkompetisi

  2. Bagaimanakan memastikan magsafe untuk mac yang di jual tsb asli atau fake, sebab authorized dan premium memberikan harga yang berbeda

  3. Apakah digimap benar² pengembang dari cina?

    1. kolomapple says:

      Digimap diketahui merupakan bagian dari PT Mitra Adi Perkasa, perusahaan Indonesia yang banyak bergerak di bidang retail dan life-style, dan mengelola tidak kurang dari seratusan merk ternama macam Starbucks, Burger King, Nike, Massimo Dutti, SOGO, BANDAI, Planet Sport, Mango, ZARA, dan banyak lagi.

      Kalo kamu mau tahu ada siapa saja yang berdiri dibelakang MAP aka Digimap, cek disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *