Cara Cek Garansi Apple iPhone

Artikel cara cek garansi Apple iPhone ini berangkat dari keluhan salah satu pembaca setia kolomapple.com menyoal Limited Warranty di iPhone 13 Pro yang baru dibelinya.

Begini katanya :

“Saya baru pertama beli iphone di digimap 13pro nah disini pengaturan aboutnya kok tidak ada limited warranty nya ya?”

Baik, kita coba ulas keluhan tersebut, dan simak penjelasannya berikut ini.

3 Cara Cek Masa Garansi iPhone

Sebuah produk, apapun itu, umumnya memiliki masa garansi. Terlebih bila produk itu adalah perangkat teknologi, semisal smartphone, sudah pasti memiliki masa garansi yang bisa diklaim suatu saat nanti. Tapi dengan catatan bila kamu membeli smartphone tersebut secara resmi.

Nah, bicara membeli secara resmi, tentunya kita beranggapan bahwa bila membeli di toko smartphone, lalu smartphone tersebut dalam keadaan terbungkus rapi, dan bersegel, maka dipastikan produk tersebut adalah barang resmi alias original.

Kita boleh saja berasumsi seperti itu, namun seyogyanya kita mesti tetap lebih berhati-hati dan teliti dalam membeli produk teknologi seperti smartphone. Pasalnya, bila kita lalai akan hal ini, maka benefit yang semestinya akan kita dapatkan saat membeli smartphone menjadi sia-sia saat produk tersebut rusak dan akan kita ajukan klaim.

Siapa yang tidak kenal iPhone? Smartphone besutan Apple, yang biasa ada dalam genggaman para artis sinetron televisi ini, menjadi ukuran bahwa iPhone tergolong smartphone kelas premium.

Saat kamu membeli iPhone, meski di Authorized Reseller, maupun di Premium Reseller sekalipun, tidak ada salahnya bila kamu memperhatikan atau melakukan pengecekan iPhone melalui 3 cara cek garansi iPhone berikut ini.

Baca juga: Berapa Harga Jual iPhone 13 Pro Max?

1. Cek Garansi iPhone Via Reseller

Untuk mengetahui masa garansi sebuah produk, langkah paling mudah adalah mengecek berdasarkan garansinya kepada pihak reseller, atau penjual.

Apakah garansinya adalah garansi internasional, garansi resmi, atau garansi toko. Masa garansi itu sendiri biasanya berlaku selama 1 tahun sejak pembelian.

Beberapa reseller bahkan menawarkan tambahan asuransi, sebagai antisipasi bilamana kerusakan yang terjadi tidak dapat di cover oleh garansi yang ada. Sekedar saran, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kamu mengambil asuransi tambahan ini. Tentu ada tambahan biaya sebagai premi yang mesti kamu bayarkan.

Baca juga: Mengenal Generasi iOS Milik Apple

2. Cek Garansi iPhone Via Website

Selain mendapatkan informasi masa garansi via reseller, kamu juga dapat cek garansi iPhone secara langsung via website Apple disini.

Nantinya kamu akan masuk ke dalam tampilan seperti gambar dibawah ini.

cek-garansi-iphone-limited-warranty

Yang perlu kamu lakukan adalah mengisi nomor seri iPhone kamu. Lalu, dimana kamu bisa mendapatkan nomor seri iPhone kamu?

Buka iPhone, lalu masuk ke menu Settings atau Pengaturan, selanjutnya General atau Umum, lalu About atau Tentang, dan selanjutnya terlihat Serial Number.

cek-garansi-iphone-serial-number

Berikutnya, kamu masukkan Serial Number tersebut pada kotak isian, lalu kamu ketik ulang kode yang ada dalam kotak isian berikutnya, dan selanjutnya kamu klik Lanjutkan.

Hasilnya sebagaimana pada gambar berikut ini.

iphone-coverage-expired

Baca juga: Beli Produk Apple? Ini Tempatnya

3. Cek Garansi Via iPhone

iPhone merupakan smartphone yang secara rutin selalu didukung oleh iOS versi ter-update. Hal tersebut menjadi value tersendiri bagi para pengguna iPhone, atau produk-produk keluaran Apple. Jaminan akan celah keamanan pada iOS-nya selalu di update secara berkala.

Sejak iOS 13, atau mulai iPhone 11, para pengguna iPhone dapat mengecek masa garansi (limited warranty) secara langsung melalui perangkat. Sedangkan, pada iOS sebelumnya, iOS 12 atau generasi iOS sebelumnya, untuk melihat sisa masa garansi harus menyalin ke website yang sudah disediakan Apple.

Cara mengecek garansi via perangkat ini sangatlah mudah, tidak berbeda jauh saat kamu melihat Serial Number tadi, yaitu buka iPhone, lalu masuk ke menu Settings atau Pengaturan, selanjutnya General atau Umum, lalu About atau Tentang, dan selanjutnya terlihat Coverage Expired.

Gambar berikut menunjukkan pengecekan Limited Warranty pada iPhone X dengan versi iOS 15.1, dengan hasil Coverage Expired.

iphone-limited-warranty-coverage-expired

Contoh lainnya, pada gambar berikut, menunjukkan pengecekan Limited Warranty pada iPhone 12 Pro Max, dengan versi iOS 14.8.1, dengan hasil pengecekan expired pada 29 Januari 2022.

limited-warranty-iphone12promax

Baca juga: 5 Tips Mengisi Ulang Baterai MacBook Dengan Lebih Cepat

Penutup

Pedoman bijak, “Teliti Sebelum Membeli” agaknya memang berlaku sepanjang masa. Tanpa bermaksud su’udzon, atau berburuk sangka kepada pihak lain, dalam hal diatas berarti kepada penjual, maka waspada, hati-hati, dan teliti hukumnya adalah harus. Bila tidak, maka kekecewaan siap mengancam kamu.

Logikanya, iPhone 13 merupakan produk yang dibalut oleh iOS 15, sementara sejak iOS 13 saja pengecekan masa garansi iPhone atau limited warranty-nya dapat dilakukan secara langsung melalui perangkat.

Namun demikian, perlu dicek kembali iOS yang terpasang pada iPhone 13 Pro tersebut, iOS versi berapa? Jika masih belum update, silahkan lakukan update iOS dulu, dan cek kembali apakah informasi mengenai limited warranty-nya sudah muncul?

Bila kamu ragu akan hal tersebut, dan merasa belum menemukan solusi, kamu dapat mengunjungi store atau reseller tempat kamu membeli iPhone 13 Pro tersebut, dan menyampaikan keluhan kamu secara langsung, agar mendapat penjelasan yang utuh dan pasti.

Nah, kira-kira seperti itulah tanggapan atas keluhan yang disampaikan oleh salah satu pembaca setia kolomapple.com, yang ditanggapi dalam bentuk artikel.(k@)

Leave a Reply

Your email address will not be published.