Apple Rilis Generasi iPhone 13

Sudah menjadi tradisi bila tiap bulan September, Apple Inc, salah satu perusahaan gadget raksasa dunia merilis produk-produk terbaru besutannya. Sama halnya yang terjadi pada tahun 2021 ini, tepatnya pada tanggal 14 September, Apple kembali rilis generasi iPhone 13.

apple-rilis-iphone-13

Bertajuk California Streaming, yang disiarkan secara langsung dari Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat, yang dihelat secara virtual, Apple meluncurkan beberapa produk terbaru diantaranya iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, Apple Watch Series 7, iPad mini 6, serta iPad 9.

Seperti apa fitur maupun keunggulan yang dibawa oleh masing-masing produk tersebut, simak ulasan singkatnya berikut ini.

iPhone 13

Apple iPhone 13, baik varian iPhone 13 mini, dan iPhone 13 yang reguler telah dibekali dengan chipset A15 Bionic, dibanding generasi sebelumnya, yakni keluarga iPhone 12 yang dibekali oleh chipset A14.

Dalam produk terbarunya, Apple menyematkan sistem dual-camera canggih yang pernah ada, berkat fitur mode Sinematik, yang diklaim dapat mengalihkan fokus secara halus dari satu subjek ke subjek lainnya saat merekam video.

Fitur tersebut dapat menahan fokus pada subjek sambil mengaburkan latar belakang, serta dapat secara otomatis mengubah fokus saat subjek baru akan memasuki pemandangan, dan akan ada opsi untuk menyesuaikan efek blur dan fokus setelah proses perekaman video.

Untuk masa pakai baterai pun menjadi bagian yang dibenahi oleh Apple, yakni iPhone 13 memiliki masa pakai yang lebih lama 2,5 jam dibanding iPhone 12, serta lebih lama 90 menit dibanding iPhone 12 untuk versi iPhone 13 mini.

Baca juga : Tahun Baru, Fitur iPhone 13 Penerus iPhone 12 Sudah Ada Bocorannya

iPhone 13 Pro

Sama seperti 2 varian iPhone diatas, iPhone 13 Pro maupun iPhone 13 Pro Max juga digawangi oleh chipset A15 Bionic.

Salah satu sektor yang diunggulkan dalam varian iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max yaitu kamera berteknologi profesional, yang memperbaharui sisi hardware maupun software.

Meski masih mengusung konfigurasi tiga kamera utama, namun fitur kamera terbaik dibenamkan pada model iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, seperti kamera telephoto 12 MP, sensor wide dan ultra-wide, mirip dengan konfigurasi pada model iPhone 12 Pro.

rilis-iphone-13-pro-max

Apple juga menyematkan fitur baru yang disebut dengan macro photography, dan hanya ada di varian iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Kamu tidak menemukannya di iPhone 13 mini, maupun iPhone 13 reguler.

Salah satu keunggulannya, fitur tersebut dapat menangkap fokus pada subjek sedekat 2 cm, berkat kamera ultra-wide, sekaligus juga dapat berfungsi pada mode video, termasuk time-lapse maupun slow-motion.

Urusan baterai pun, juga dibenahi Apple untuk varian iPhone 13 Pro yang mampu lebih lama 1,2 jam dibanding iPhone 12 Pro, serta lebih lama 2,5 jam dibanding iPhone 12 Pro untuk varian iPhone 13 Pro Max.

Apple Watch Series 7

Selain varian iPhone 13, Apple Watch Series 7 juga ikut di rilis, yang tersedia dalam 2 varian ukuran yang dapat dipilih oleh penggunanya, yaitu 41 mm dan 45 mm, yang membawa perubahan baik dari sisi desain maupun daya tahan perangkat dibanding pendahulunya.

Sebagai perbandingan, Apple Watch Series 6 memiliki ukuran 40 mm dan 44 mm, dengan ketebalan yang berkurang sekitar 40 persen yang diaplikasikan pada Series 7 yang memiliki ketebalan 1,7 mm.

Masa pakai baterai Apple Watch Series 7 ini mampu bertahan hingga 18 jam, serta didukung fitur fast-charging 33 watt, baterainya dapat terisi hingga 80 persen hanya dalam waktu 45 menit melalui port USB-C.

Tersemat fitur keren dalam WatchOS 8 yang mampu mendeteksi pengguna apabila sedang mengalami kecelakaan saat berolah raga, seperti terjatuh karena tertabrak, yang nantinya perangkat ini dapat menghubungi layanan darurat untuk meminta bantuan.

Cocok bagi kamu yang hobi bersepeda di jalan raya, yang rentan terhadap kecelakaan lalu lintas.

Baca juga : Unboxing Apple iPhone 12 Pro Max

iPad Mini 6

iPad Mini 6 kini diotaki chip terbaru Apple, A15 Bionic, seperti yang juga digunakan di jajaran iPhone 13. Pada seri sebelumnya, iPad Mini 5 diketahui menggunakan A12 Bionic yang tertinggal tiga generasi.

Meski demikian, untuk urusan kapasitas penyimpanan, yang tersedia untuk kedua tablet Apple ini masih sama, yaitu 64 GB dan 256 GB.

Seperti iPad Pro, iPad Mini 6 pun kini menggunakan konektor USB tipe-C, bukan Lightning, sehingga bisa terhubung ke aneka perangkat lain seperti kamera digital, flash disk, dan lain-lain dengan mudah.

Dari segi desain, misalnya, bezel di sekeliling layar iPad Mini 6, terutama di bagian atas dan bawah, kini jauh lebih tipis dibanding iPad Mini 5. Ukuran layar iPad Mini 6 juga sedikit lebih lebar dengan diagonal 8,3 inci (1.488 x 2.266 piksel).

Kamera depan iPad Mini 6 yang berbidang pandang lebar kini dilengkapi dengan fitur CenterStage sebagaimana yang telah disematkan pada iPad Pro. Diketahui fitur Center Stage merupakan sebuah fitur yang bisa mendeteksi obyek manusia secara otomatis, dan mengarahkan tampilan video ke orang tersebut agar bisa tampil di tengah layar.

Perangkat tablet terbaru Apple ini telah mendukung stylus Apple Pencil generasi kedua yang dapat menempel secara magnetis dibingkai bagian kanan perangkat. Pada generasi sebelumnya, iPad Mini 5 hanya mendukung Apple Pencil generasi pertama saja.

iPad 9

iPad 9 ditenagai oleh chip A13 Bionic, yang merupakan senjatanya generasi iPhone 11, berbeda dengan beberapa produk lainnya yang diluncurkan bersamaan, yakni varian iPhone 13, serta Apple Watch Series 7, dan iPad mini 6.

iPad berukuran 10,2 inci ini memungkinkan perangkat memiliki peningkatan performa 20 persen lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Selain itu, kamera selfie di iPad generasi terbaru itu kini ditingkatkan menjadi 12 MP dengan lensa ultra-wide dengan bidang pandang 122 derajat.

Yang menarik, kamera tersebut telah dibekali dengan fitur populer yang diperkenalkan di jajaran iPad Pro, yaitu Center Stage, yang berfungsi untuk menjaga subyek agar tetap berada di dalam frame meskipun sedikit berganti posisi, misalnya saat telekonferensi.

Baca juga : Ini Beda Authorized Reseller dengan Premium Reseller Produk Apple

****

Penutup

Itulah deretan produk terbaru Apple yang di rilis belum lama ini. Untuk kamu, para fanboy, yang ingin memiliki varian iPhone 13, tahan, tunggu sebentar, harap bersabar, karena iPhone 13 series baru akan masuk Indonesia paling cepat bulan Desember nanti berdasarkan riwayat pendahulunya saat dirilis di tanah air.

Tapi kita doakan saja, varian iPhone 13 bisa mengubah sejarah dan di rilis lebih cepat dari biasanya di tanah air.

Lalu, mungkin kamu bertanya, berapa harga masing-masing perangkat tersebut. Untuk tahu harganya, simak selengkapnya pada artikel Berapa Harga Jual iPhone 13 Pro Max? ini.(k@)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *