Tahun Baru, Fitur iPhone 13 Penerus iPhone 12 Sudah Ada Bocorannya

Bagi para fanboy alias penggemar berat produk keluaran Apple seperti iPhone, tentu baru saja merasakan betapa hingar bingarnya varian iPhone 12 yang belum lama ini beredar di pasaran Indonesia.

Setelah dirilis secara pre-order pada 11 Desember 2020 lalu, dan telah tersedia dipasaran Indonesia seminggu setelahnya, iPhone 12 bahkan tercatat sebagai smartphone dengan teknologi 5G paling laris.

Meski tercatat sebagai smartphone dengan teknologi 5G terlaris di pasaran, namun masih banyak yang baru merencanakan untuk membeli iPhone 12, mungkin salah satunya adalah Anda.

Nah, bila Anda belum memiliki unit iPhone 12, mungkin ada baiknya Anda mengintip dan mempertimbangkan generasi penerus iPhone 12 nantinya akan seperti apa, karena bocorannya sudah banyak diperbincangkan di jagad maya.

iPhone 13 Pro dan Pro Max Hadirkan Refresh Rate 120 Hz

Memasuki awal tahun baru 2021, penerus iPhone 12, yakni iPhone 13, sudah mulai diperbincangkan bocoran fitur-fitur yang bakal tersemat didalamnya, sembari Apple melakukan penjajakan kepada para penggunanya atas fitur yang akan disematkan di iPhone 13 tersebut.

iphone-13-pro-dan-iphone-13-pro-max-refresh-rate-120-hz

Bocoran pertama, Apple akan menyematkan dukungan refresh rate 120 Hz pada layar iPhone 13, namun sebenarnya ini bukanlah hal baru, karena Apple telah merencanakan hal ini tersemat pada layar iPhone 12.

Akibat pandemi Covid-19 lah, yang kemudian menyebabkan batalnya dukungan refresh rate 120 Hz pada beberapa varian layar iPhone 12, sehingga pada akhirnya masih menggunakan refresh rate 60 Hz.

Pada generasi iPhone 13 nanti, dukungan refresh rate 120 Hz diprediksi hanya akan diberikan bagi varian iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, yang nantinya akan menggunakan panel LTPO OLED 120 Hz.

Sementara untuk dua varian lainnya, yakni varian iPhone 13 dan iPhone 13 Mini menggunakan panel LTPS OLED 60 Hz.

Dukungan untuk panel layar generasi iPhone 13 itu sendiri nantinya akan disupply oleh produsen panel seperti Samsung, LG, serta BOE Display.

Apple Akan Hilangkan Port Di iPhone 13

Dengan mengedepankan isu lingkungan, Apple berencana akan menghilangkan port charger pada perangkat iPhone 13, alih-alih ingin menggantinya dengan port USB tipe C.

iphone-13-pro-dan-iphone-13-pro-max-tanpa-port-lightning

Diketahui bahwa Apple sangat concern akan produknya yang ramah lingkungan, sehingga mulai iPhone 12 Apple tidak menyertakan charger maupun earphone dalam dus box nya. Gantinya Apple memperkenalkan sebuah perangkat aksesoris yang dinamakan dengan MagSafe alias charger wireless.

Perangkat aksesoris tersebut dibuat Apple agar para penggunanya terbiasa untuk tidak lagi menggunakan kabel charging sebagaimana yang dilakukan pada generasi iPhone 11 maupun sebelumnya, serta mulai terbiasa beralih menggunakan wireless charger, sebagaimana mulai diterapkan pada iPhone 12.

Sehingga, pada saatnya nanti, yakni saat dimana Apple menghilangkan port lightning pada body iPhone, para penggunanya sudah terbiasa, dan sudah tidak merasa aneh lagi. Seperti anehnya saat para pembeli iPhone 12 tidak lagi mendapati charger maupun earphone dalam dus box.

Penutup

Yang pasti, bila itu benar-benar diterapkan, maka Apple harus memikirkan cara agar koneksi data ke Mac maupun laptop dan PC tidak terganggu, serta menjamin proses sinkronisasi data dapat dilakukan dengan baik, sebagaimana halnya port lightning lakukan selama ini.

Bila itu tidak terjadi dengan baik, maka bersiap-siap langkah yang dilakukan Apple menjadi blunder, karena di Indonesia saja, banyak pengguna iPhone yang tidak menggunakan Mac sebagai partner kerjanya, dengan alasan sudah sangat terbiasa dengan komputer atau laptop berbasis OS Windows.

Nah, kira-kira bagaimana solusinya dan akan seperti apa perangkat penggantinya, apakah hardware ataukah software, kita tunggu saja kabarnya saat Apple merilis iPhone 13 pada bulan September 2021 mendatang.(k@)

Sumber gambar: Qasim Tricks & Apple Insider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *