Unboxing Apple iPhone 12 Pro Max

Setelah menanti sekian waktu, akhirnya benda yang ditunggu-tunggu bisa kami dapatkan juga. Ya, iPhone 12 Pro Max adalah benda yang kami tunggu-tunggu kedatangannya, setelah menunggu selama 2 minggu, sejak pertengahan Januari 2021.

Berawal ketika kami sambangi iBox Summarecon Mal Bekasi, dan kami tanyakan produk iPhone 12 yang ready ke salah seorang sales yang memandu kami. Saat itu dijawab olehnya, bahwa iPhone 12 all varian stoknya sedang kosong.

Kami pun diarahkan untuk meninggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi agar nanti bisa dikabari jika barang sudah masuk kembali. Dengan tidak keberatan kami pun meninggalkan nomor telepon sesuai arahannya.

Seminggu berselang, kami pun dikabari bahwa stok sudah ada yang masuk. Jika berminat, iPhone 12 Pro Max 128 GB warna Graphite Grey bisa di keep untuk ditransaksikan. Namun saat itu, kami tidak berminat dengan spek yang ditawarkan, karena kami mengincar warna lain dengan storage yang lebih besar.

Paket Bundling

Dalam penjualannya, salah satu gerai penjualan retail produk-produk Apple di Indonesia, yaitu iBox, menerapkan paket bundling untuk setiap pembelian iPhone generasi 12, baik iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, maupun iPhone 12 Pro Max.

Hal ini tidak lain karena begitu tingginya permintaan varian terbaru iPhone 12 di tanah air dalam satu bulan terakhir pasca peluncuran perdana varian iPhone 12 di Indonesia.

Adanya bundling ini kami ketahui saat sales iBox menyampaikan bahwa iPhone incaran kami sudah tersedia, yakni iPhone 12 Pro Max 256 GB warna Pacific Blue, namun syaratnya setiap pembelian salah satu varian iPhone 12 harus disertakan dengan barang lainnya dalam bentuk paket bundling.

unboxing-iphone-12-pro-max-256-gb-pacific-blue

Bila biasanya bundling dilakukan dengan kartu perdana dari salah satu operator seluler, kali ini bundlingnya berbeda, karena yang ditawarkan adalah barang yang ada di stok iBox. Ada beragam barang bundling, bila Anda membeli salah satu varian iPhone 12.

Barang bundling yang ditawarkan seperti handsfree, speaker, mini infocus, hingga drone. Sebagai paket bundling, kami memilih speaket merk Oontz Angel 3 Ultra, yang dibanderol Rp 1.399.000.

oontz-angle-3-ultra-portable-wireless-bluetooth-speaker

Sebagai perbandingan saja, bila Anda membelinya di Lazada, maka Oontz Angel 3 Ultra Portable Wireless Bluetooth Speaker dilepas seharga Rp 999.077.

Unboxing iPhone 12 Pro Max

Sebelum unboxing, sales iBox tersebut memastikan kembali kepada kami, varian iPhone 12 yang kami pilih, yaitu iPhone 12 Pro Max 256 GB warna Pacific Blue, bundling dengan speaker merk Oontz Angel 3 Ultra, serta hard case merk ibacks iPhone 12 Pro Max Zaphire Clear, berikut tempered glass bermerk Lamina.

Untuk ibacks iPhone 12 Pro Max di iBox dijual seharga Rp 559.000, namun bila Anda membelinya terpisah di Lazada, maka ibacks Zaphire Premium Crystal Case for iPhone 12 Pro Max ternyata juga dihargai sama dengan di IBox yang bisa Anda tebus seharga Rp 559.000.

ibacks-Zaphire-Premium-Crystal-Case-for-iPhone-12-Pro-Max

Sementara untuk Lamina tempered glass untuk iPhone 12 Pro Max, iBox menjualnya seharga Rp 459.000. Sebagai perbandingan, dikutip dari laman iprice.co.id, dijual dengan harga Rp 450.000.

Lamina-tempered-glass-untuk-iPhone-12-Pro-Max

Selain itu, karena dalam dus box-nya tidak menyertakan power adapter, khusus bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan iPhone, lebih tepatnya varian iPhone 12, maka Anda perlu membelinya terpisah.

Power-Adapter-USB-C-dengan-daya-20-Watt

Power Adapter USB-C dengan daya 20-Watt dijual iBox dengan banderol Rp 449.000.

Dan, transaksi pun dilakukan. Skriitttt. Pembayaran pun, Done!

unboxing-iphone-12-pro-max-256-gb-pacific-blue

Sales iBox bernama Hafidz itu pun mulai membuka perlahan dus box iPhone 12 Pro Max itu. Setelah dus box dibuka, terlihat betapa elegannya body iPhone 12 Pro Max berwarna Pacific Blue tersebut.

Meski mengadopsi desain iPhone lawas, yaitu desain iPhone 4 dan iPhone 5, yang memiliki desain frame tepian (bezel) yang tegak lurus, namun desainnya disukai banyak pengguna iPhone.

Sebagaimana diketahui, bahwa dalam penjualan varian iPhone 12, Apple sudah tidak lagi menyertakan charger adapter maupun earphone. Isu lingkungan menjadi alasan utama Apple dibalik peniadaan adaptor daya, EarPods dengan konektor lightning, serta kabel USB-A ke lightning yang sudah ada, yang ditengarai jumlahnya miliaran di seluruh dunia.

unboxing-iphone-12-pro-max-256-gb-pacific-blue-check

Satu persatu pengecekan pun dilakukan di hadapan kami, mulai cek kabel charger, pengisian daya baterai, volume bar, kamera, wi-fi connection, dan seterusnya, hingga semuanya ditunjukkan kepada kami.

Penutup

Seperti telah diulas dalam artikel sebelumnya, Fakta Bila Anda Membeli Generasi iPhone 12, bahwa Apple sudah tidak menyertakan lagi charger adapter atau power adapter, dan earphone, maka bila Anda baru akan memiliki smartphone keluaran Apple seperti iPhone, Anda harus menyiapkan budget ekstra untuk pembelian charger adapter terpisah.

Strategi bisnis iBox ditengah demand yang tinggi para pengguna produk Apple untuk memiliki varian iPhone 12 sementara supply-nya yang rendah dimanfaatkan dengan menyiapkan paket bundling yang bisa dipilih sesuai kebutuhan penggunanya.

Langkah ini cukup efektif untuk mendapatkan cuan, mengingat banyak konsumen yang menyambangi gerai iBox, dan langsung menanyakan ketersediaan salah satu varian iPhone 12, namun selalu dijawab bahwa stok tidak tersedia, sama saat seperti kami menyambangi gerai ini 2 minggu sebelumnya.

Pilihan ada pada Anda, apakah membelinya sekarang atau nanti saat demand sudah menurun, sambil berharap supply-nya lancar.

Membelinya nanti bukan berarti karena harganya akan turun, karena dijamin itu tidak akan terjadi hingga diluncurkannya generasi iPhone penerus iPhone 12, yakni iPhone 13.

Bila Anda membelinya nanti, mungkin saja Anda tidak akan berjumpa dengan paketan bundling yang mungkin barangnya tidak terlalu Anda butuhkan.

Ok, inilah artikel Unboxing iPhone 12 Pro Max, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya di Kolom Apple.(k@)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *