Apa Itu Podcast?

Apakah selama ini Anda pernah mendengar sebutan atau istilah Podcast? Jika sudah pernah, kira-kira apa itu Podcast? Teknologi seperti apa Podcast itu?

Khusus Anda penggemar produk buatan Apple, rasanya secara sekilas pernah melihat logo atau icon Podcast pada perangkat Anda, entah iPhone, iPad, ataupun MacBook, dalam deretan Apps yang ada di iOS.

Namun saya yakin, sebagian dari Anda melewatkan untuk mengetahui lebih dalam apa yang tersembunyi dibalik icon Podcast tersebut, dan malah lebih memilih membuka portal Detik, lalu membuka Instagram, mengecek serta paling standar membuka dan membalas pesan WhatsApp.

Rasa penasaran Anda rupanya bergeming untuk sekedar mengetahui cerita tentang apa itu Podcast.

Seperti kata pepatah, “Tak kenal maka tak sayang..”, maka melalui artikel ini, saya ingin membantu Anda mengenalkan suatu produk teknologi informasi yang sejatinya mungkin Anda sendiri pernah merasakannya, namun tidak menyadari jika itu adalah Podcast.

Semoga saja dengan membaca artikel ini, Anda jadi tahu apa itu Podcast.

Baca juga: Berkenalan Dengan Siri, Asisten Pribadi Buatan Apple

Podcast Adalah

Jadi, yang dimaksud dengan Podcast, atau istilah lainnya Siniar, adalah rekaman materi yang bisa berupa pembicaraan, bincang-bincang, kuliah, pertunjukan, maupun acara lainnya, layaknya siaran radio dengan berbagai macam topik yang tersedia dalam format audio, dengan durasi bervariasi mulai dari 10 menit hingga 100 menit.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, siniar adalah,

si.ni.ar

  • n Telekom siaran (berita, musik, dan sebagainya) yang dibuat dalam format digital (baik audio maupun video) yang diunduh melalui internet

Beragam topik tersebut diantaranya seni, bisnis, komedi, pendidikan, permainan dan hobi, pemerintahan dan organisasi, kesehatan, anak dan keluarga, musik, berita dan politik, agama, ilmu pengetahuan dan pengobatan, sosial dan budaya, olah raga dan rekreasi, teknologi, TV dan Film.

Podcast disiapkan oleh seseorang atau kumpulan orang yang disebut Podcaster. Walaupun umumnya podcast dalam format audio, namun ada juga podcaster yang menggunakan format video.

Baca juga: 9 Alasan Mengapa Anda Seharusnya Membeli iPhone XR dibanding iPhone XS

Awal Mula Podcast

Pertama kali istilah Podcasting muncul melalui sebuah artikel yang ditulis oleh Ben Hammersley di surat kabar The Guardian, tepatnya pada Februari 2004. Namun mulai banyak digunakan sejak tahun 2007, dan semakin berkembang cepat di Amerika, Inggris, Australia dan beberapa negara lainnya sejak 2011 hingga sekarang.

Podcast sendiri merupakan penggabungan dari kata “pod” atau “Playable on Demand” yang artinya, dimainkan atas permintaan, serta kata “broadcasting” yang artinya penyiaran. Istilah pod kemudian digunakan oleh Apple untuk menamai salah satu perangkat keluarannya, yaitu pemutar media saku (portable media player), yaitu iPod.

Karena sudah kadung lekat pada merek iPod nya Apple sebagai player on demand maka kemudian muncul dorongan untuk mengusulkan agar podcast bukan lagi sebagai player on demand broadcast melainkan menjadi personal on demand broadcast.

Beberapa bahkan mencoba memunculkan istilah baru, menjadi netcast demi melepaskan dari keterkaitannya dengan iPod-nya Apple.

Selain itu, karena siaran, sebenarnya dapat dilakukan dengan tidak melulu menggunanakan iPod, melainkan bisa juga menggunakan perangkat pemutar yang lainnya yang saat ini banyak tersedia.

Baca juga: Tips Optimalkan Storage iPhone Yang Terbatas

Keunggulan Podcast

Podcast menjadi media alternatif bagi kalangan penyedia konten, maupun pencari konten. Sebabnya, melalui podcast, penyedia konten atau podcaster dapat menuangkan ide-ide kreatifnya dengan mengangkat sebuah tema tertentu yang bisa didengarkan sampai kapanpun tanpa batas waktu, dan itu menjadi salah satu kelebihan podcast.

apa itu podcast

Demikian pula dengan pencari konten, mereka dapat mendengarkan konten berdasarkan topik yang diminatinya, ya walaupun mungkin materi podcastnya hanya berupa obrolan receh, namun jangan salah, meski receh podcast bisa didengarkan kapanpun mereka mau. 

Kelebihan lainnya adalah, bahwa podcast tersedia dalam jumlah yang sangat banyak yang terdiri dari ratusan kategori, baik yang berbahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia.

Selain itu, kelebihan podcast adalah dalam hal tidak adanya iklan yang berseliweran silih berganti sebagaimana halnya radio yang memang hidup dari iklan.

Berbeda halnya dengan radio, jika Anda misalnya suka pada suatu jam siaran radio karena penyiarnya, namun karena pada jam siaran tersebut Anda tidak dapat mendengarkan secara langsung, ya maka Anda tidak dapat mendengarkan gantinya, dan itu adalah kelebihan podcast lainnya.

Namun saat ini, jika diperhatikan secara seksama, sebenarnya beberapa siaran radio, khususnya di Jakarta, ada yang berupa siaran rekaman, alias siaran radio yang sudah pernah diudarakan sebelumnya dan kembali diudarakan.

Baca juga: 7 Fitur Terbaru macOS Catalina

Perkembangan Podcast Saat Ini

Berkembangnya podcast sebagai alternatif media siaran atau penyebarluasan informasi, tentu memperkaya dan memanjakan para penikmat konten atau pencari informasi. Artikel pada blog yang dimonetisasi biasanya tak lekang oleh waktu, berbeda dengan news blog atau portal berita yang berusia singkat.

Siaran radio maupun siaran berita di televisi sama halnya dengan portal berita yang berusia singkat, karena sesudah penayangannya maka dianggap sebagai informasi yang basi. Berbeda halnya dengan podcast atau blog yang dimonetisasi, setelah ditayangkan, disiarkan, atau di publish, nilai informasinya masih utuh.

Beberapa blogger dunia, selain mengisi konten blognya dengan berbagai artikel, mereka juga menyediakan konten podcast, sebut saja seperti Darren Rowse, ataupun Pat Flynn.

Selain itu, podcast juga bisa menjadi sumber pendapatan baru karena jika dikelola dengan baik akan dapat menghasilkan uang sebagaimana yang diulas oleh Pat Flynn dalam blog-nya, Smart Passive Income, dan bisa pula Anda ikuti podcast-nya disini.

Belum lagi yang diulas oleh Darren Rowse dalam podcast yang di share lewat blognya, Problogger, yaitu tentang bagaimana belajar podcast yang sukses, yang bisa Anda ikuti dalam podcastnya disini.

Perkembangan dunia podcast dewasa ini tidak hanya di luar negeri saja, seperti yang dilakukan oleh beberapa yang sudah disebutkan diatas, namun juga sudah merambah ke Indonesia, dan terbukti kini sudah mulai banyak podcaster-podcaster dalam negeri.

Baca juga: Cara Mengetahui Versi MacOS Pada MacBook

Perkembangan Podcast di Indonesia

Perkembangan Podcast di Indonesia saat ini ditandai dengan munculnya podcaster-podcaster baru yang secara rutin menyampaikan materi podcast-nya.

Untuk Anda yang selalu berjibaku dengan kemacetan dalam perjalanan menuju kantor, maka mendengarkan podcast merupakan alternatif dalam menambah wawasan, dan pengetahuan, selain mendengarkan lagu atau siaran radio. Anda tinggal sesuaikan keinginan Anda dengan podcaster yang akan Anda dengarkan.  

Beberapa Podcaster Indonesia yang rutin menyampaikan materi seperti daftar podcast dibawah ini. Untuk mengetahuinya, teruskan membaca artikel ini sampai selesai.

Podcast Awal Minggu

Rata-rata Podcast Awal Minggu besutan Adriano Qalbi ini memiliki durasi tayang sekitar 60 menitan, yang biasanya hadir pada setiap awal minggu. Pengisi materi obrolan di podcast ini diantaranya yaitu Vincentius Aditya Pratama, Amelia, Diki.

Podcast Subjective

Iqbal Hariadi adalah pemilik Podcast Subjective yang membahas berbagai hal terkini seperti kehidupan sehari-hari, makanan sehat, diri sendiri, serta start up, maupun banyak hal lain yang dibahas bersama berbagai narasumber.

Baca juga: Tips Praktis Back-Up Data Mac Menggunakan Time Machine 

Podcast Besok Senin

Podcast Besok Senin besutan Randy Arbiyantama ini membicarakan banyak hal yang sedang tren dan bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lewat format audio.

Podcast AppCoast

Bagi Anda yang tertarik dunia IT maupun startup di Indonesia, maka Podcast AppCoast ini dapat menjadi pilihan bagi Anda, karena kerap mengundang narasumber-narasumber yang memiliki kompetensi sesuai materi yang diangkat. Podcast AppCoast dapat pula Anda nikmati dalam versi video yang bisa Anda temukan di YouTube.

Podcast Kejar Paket Pintar

Podcast Kejar Paket Pintar digawangi oleh Dara Hanafi dan Laila Achmad ini membahas banyak hal, misal, fenomena sosial, pop culture, sains, politik, buku, musik, film, isu gender, maupun hal-hal lainnya. Podcast ini merupakan hasil kerja sama dengan Inspigo Inspiration on the Go.

Podcast Box2Box

Poscast Box2Box sangat cocok bagi Anda penggemar sepak bola. Podcast ini banyak membahas tentang preview maupun ulasan pertandingan sepak bola, khususnya Liga Eropa.

Baca juga: 5 Tips Mengisi Ulang Baterai MacBook Dengan Lebih Cepat

Pemutar Podcast

Untuk mendengarkan materi podcast, tentu Anda membutuhkan media pemutar atau aplikasi pemutar, dan saat ini baik media atau aplikasi pemutar sudah banyak tersedia, sehingga sudah tidak melulu menggunakan produk buatan Apple saja.

Seiring dengan maraknya podcast sebagai media informasi alternatif, maka smartphone yang digawangi platform Android pun kini mulai dijamuri dengan aplikasi-aplikasi yang mensupport Podcast.

Selain itu, Anda juga dapat mendengarkan materi-materi podcast melalui beberapa apps yang ada di website-website berikut, seperti Souncloud.com, Listennotes.com, Player.fm, Spotify.com, Google.com, Stitcher.com, ataupun Podtail.com.(k@)

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *