Berkenalan Dengan Siri, Asisten Pribadi Buatan Apple

Kali ini kita akan membahas tentang aspri alias asisten pribadi. Apakah Anda sadar jika keseharian Anda didampingi oleh asisten pribadi. Terlepas apakah Anda menyadari atau tidak, yuk kita berkenalan dengan Siri, asisten pribadi buatan Apple.

Sebelum melangkah ke Siri, saya masih penasaran, kira-kira adakah asisten pribadi dalam keseharian Anda? Lalu, siapa aspri Anda?

Kalau Anda masih menjawab tidak memiliki aspri, lantas saat Anda sambil tiduran menonton TV di rumah dan ingin menggonta-ganti channel TV, apakah Anda bangun dan mendekati TV lalu memencet tombol panah kiri atau panah kanan di bodi TV? Saya berani jawab, pasti Anda tidak melakukan hal itu.

Baca juga: 7 Fitur Terbaru macOS Catalina

Lalu, saat Anda ingin menghidupkan AC dirumah, apakah Anda naik mendekati AC lalu memencet tombol ON, saya yakin juga Anda tidak melakukan hal itu. Lalu bagaimana caranya?

Ya, kedua kondisi diatas tentu membutuhkan alat bantu untuk memudahkan dan mempercepat proses menuju ke tujuan kita, yaitu mengaktifkan atau menghidupkan TV atau AC. Alat bantu tersebut tentu saja remote.

Tiap aplikasi yang dibangun, umumnya selalu menyertakan fitur Help yang berfungsi sebagai panduan bagi pengguna aplikasi tersebut. Fitur Help versi OS Windows Anda pasti kenal betul, caranya yaitu dengan memencet tombol F1, selanjutnya Anda tinggal mengetikkan kata kunci dari topik yang ingin Anda cari.

Nah, jika di OS Windows seperti itu, lalu di OS Apple atau macOS atau iOS, maka caranya adalah dengan mengaktifkan Siri, sang asisten pribadi pada OS Apple.

Baca juga: 19 Cara Memotret di iPhone

Sejarah Siri

Awal mula Siri diangkat dan ditetapkan menjadi asisten pribadi OS Apple yaitu saat Siri sebagai aplikasi berbasis iOS tersedia di App Store, yang kemudian memikat Apple untuk mengakuisisinya pada 28 April 2010.

Sebelumnya, Siri telah mengumumkan bahwa Siri juga akan hadir dalam platform Blackberry maupun Android, selain hadir di platform Apple. Namun rencana tersebut batal seiring terjadinya proses akuisisi Siri oleh Apple.

Baca juga: Tips Mengisi Ulang Baterai MacBook Dengan Lebih Cepat

Pendiri Siri

Siri didirikan pada tahun 2007 oleh Dag Kittlaus sebagai CEO, Adam Cheyer sebagai VP Engineering, dan Tom Gruber sebagai CTO atau VP Design, bersama dengan Norman Winarsky dari kelompok usaha SRI International.

Pengembangan Siri didukung pembiayaan yang dipimpin oleh Menlo Ventures dan Morganthaler Ventures pada 13 Oktober 2008 dengan suntikan dana sebesar USD 8,5 juta, lalu pada November 2009 kembali mendapat suntikan dana dari investor yang sama sebesar USD 15,5 juta, namun kali ini dipimpin oleh miliarder asal Hongkong, Li Ka-Shing.

Pasca peluncuran iPhone 4S, Dag Kiitlaus meninggalkan posisinya sebagai CEO Siri di Apple.

Baca juga: Tips Optimalkan Storage iPhone Yang Terbatas

Integrasi iOS

apple siri

Implementasi Siri di dalam produk Apple pertama kali dilakukan saat peluncuran iPhone 4S pada tanggal 4 Oktober 2011.

Integrasi Siri versi terbaru dalam iOS menawarkan percakapan yang interaktif dengan banyak aplikasi, seperti Reminder, Weather, Stocks, Message, Maps, Q&A, Find My Friends, Find My Devices, Calendar, Finder, dan masih banyak hal lainnya.

Oiya, Siri saat ini belum mendukung untuk banyak Bahasa, baru terbatas pada Bahasa Inggris (Amerika Serikat, Inggris, Australia), Jerman, Perancis, dan Jepang, dan memiliki fungsi yang masih terbatas diluar Amerika Serikat.

Baca juga: 9 Alasan Mengapa Anda Seharusnya Membeli iPhone XR dibanding iPhone XS

Cara Menggunakan Siri

Siri telah menjadi asisten di banyak perangkat keluaran Apple, seperti di iPhone, iPad, iPod Touch, AirPods, CarPlay, HeadSet, AppleWatch, HomePod, MacBook, iMac, AppleTV.

Cara menggunakan Siri di setiap perangkat Apple tersebut tentu berbeda-beda. Mau tahu caranya? Simak penjelasannya dibawah ini.

iPhone, iPad, iPod Touch

Di iPhone X atau iPhone versi terbaru, tekan tombol samping beberapa saat, atau tekan tombol utama di perangkat, lalu ucapkan “Hey Siri”, kemudian ucapkan apa yang Anda perlukan, misal, “Hey Siri, what’s the weather like today?”.  

Jika Anda ingin membuat permintaan dengan perintah yang lebih panjang, caranya tekan dan tahan tombol samping sambil mengucapkan apa yang Anda inginkan.

Setelah Anda melepas tombol samping tadi, Siri pun berhenti mendengarkan permintaan Anda dan akan mengeksekusi apa yang diminta.

Baca juga: iPhone XR, Bukan Sekedar Telepon 

AirPods, CarPlay, HeadSet

Cara membuat permintaan di AirPods yaitu ketuk dua kali bagian luar salah satu AirPods, tunggu beberapa saat hingga terdengar bunyi, dan jika sudah ada, segera buat permintaan. Dengan AirPods generasi ke-2 Anda juga dapat menyapa “Hey Siri”.

Untuk di kendaraan, jika kendaraan Anda mendukung CarPlay atau Siri Eyes Free, caranya dengan menekan terus tombol tengah atau tombol telepon hingga Anda mendengar bunyi, lalu jika sudah terdengar, segera buat permintaan.

Lalu, cara lainnya, yaitu di headset atau perangkat Bluetooth lainnya, adalah dengan menahan terus tombol tengah atau tombol telepon hingga Anda mendengar bunyi, dan lalu buat permintaan.

Baca juga: iPad Pro, Gawai Andalan Apple

AppleWatch

Untuk memberikan perintah atau membuat permintaan kepada Siri di AppleWatch caranya yaitu, lihat AppleWatch atau ketuk layarnya, saat perangkat ini bereaksi cukup memulai dengan menyapa, “Hey Siri’, lalu buat permintaan atas apa yang Anda perlukan.

Namun, pada watchOS versi terbaru dan AppleWatch Series 3 atau versi yang lebih baru, Anda sudah tidak perlu menyapa Siri dengan, “Hey Siri”, melainkan cukup dengan menahan jam tangan di depan mulut dan ucapkan apa yang Anda perlukan.

Cara lainnya adalah dengan menekan Digital Crown beberapa saat, lalu sampaikan pada Siri apa yang Anda perlukan. Lalu, jika ingin membuat permintaan yang lebih panjang? Cukup dengan menekan dan menahan Digital Crown, ucapkan permintaan Anda hingga selesai, jika sudah lepaskan dari Digital Crown.

Baca juga: Apple Watch Series 4, Jam Tangan Andalan Masa Kini

MacBook, iMac

Ada beberapa cara untuk memberi perintah kepada Siri, baik di MacBook maupun di iMac. Di Mac 2018 atau versi terbaru, cukup ucapkan “Hey Siri”, lalu buatlah permintaan Anda.

Jika di MacBook Pro yaitu dengan menekan logo Siri pada TouchBar, lalu buat permintaan, atau Anda juga dapat menekan dan menahan logo Siri saat membuat permintaan. Siri akan otomatis berhenti mendengarkan saat Anda mengangkat jari Anda.

Lalu bagaimana jika di macOS Sierra dan versi lebih baru, caranya dengan klik logo Siri di bar menu, atau tekan dan tahan tombol perintah (⌘) dan space bar hingga Siri merespon, setelah itu ucapkan yang Anda perlukan.

Jika Siri tidak menutup secara otomatis, klik di jendela atau geser ke kanan untuk menutup.

Baca juga: Cara Mengetahui Versi MacOS Pada MacBook

Penutup

Itulah sekilas cara memanggil dan memerintah Siri menggunakan perangkat-perangkat buatan Apple. Sangat mudah bukan?

Perlu dicatat, bahwa untuk pasar Indonesia, biasanya berada di barisan belakang terkait dengan ketersediaan atau pengiriman perangkat-perangkat terbaru produk buatan Apple.

Untuk kawasan Asia, pasar yang lebih dulu kedatangan produk Apple biasanya Singapura.(k@)

Sumber: Apple

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *