Lakukan Ini Sebelum Menjual Atau Memberikan iPhone Kamu

Tak dapat dipungkiri bila kehadiran iPhone 13 Pro Max ternyata telah menggoda kamu untuk segera beralih ke iPhone teranyar keluarga Apple tersebut, namun jangan lupa, ada hal yang harus kamu lakukan sebelum menjual atau memberikan iPhone kamu kepada orang lain.

Hal apa saja yang harus kamu lakukan sebelum menjual atau memberikan iPhone lawas kamu ke orang lain? Harap dicatat, artikel ini bukan tentang bagaimana cara menjual iPhone kamu loh ya.

Nah, kolomapple akan mengulas hal-hal yang harus kamu lakukan sebelum kamu menjual atau memberikan iPhone kamu ke orang lain. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Watch OS 8, Sistem Operasi Terbaru Apple Watch 

Lakukan Ini Sebelum Jual iPhone Kamu

Penggunaan smartphone, salah satunya iPhone, dewasa ini tak luput dari penyimpanan berbagai data pribadi, baik foto, video, identitas diri, akses perbankan, dan seterusnya, yang bersifat personal pengguna iPhone.

lakukan-sebelum-menjual-atau-tukar-tambah-iphone

Bila kamu berniat ingin mengganti iPhone lawas kamu dengan perangkat teranyar, seperti iPhone 13 Pro Max, baik dengan menjualnya, bertukar tambah, atau bahkan menghibahkannya kepada keluarga atau kerabat, apalagi orang lain, maka ada hal-hal yang harus kamu lakukan agar iPhone lawas tersebut dalam keadaan “kosong” data, yakni seperti kondisi baru saat pertama di unboxing.

Hal tersebut tentu akan aman bagi kamu dari penyalahgunaan data pribadi kamu oleh orang lain, dan orang lain pun akan nyaman menggunakan iPhone lawas kamu, karena tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai data kamu yang secara tidak sengaja tertinggal.

Baca juga: Kamu Pelupa dan Sering Hilang Barang? Gunakan Apple AirTag

Putuskan iPhone Kamu Bila Terhubung Dengan Perangkat Lain

Setiap pengguna iPhone, apalagi yang secara kontinu mengikuti update, perkembangan, dan bahkan selalu mengganti setiap rilis iPhone terbaru, umumnya, akan juga memiliki Apple Watch sebagai perangkat yang melekat didirinya sebagai kebutuhan maupun life style.

Bila kamu adalah salah satu pengguna iPhone dengan kondisi diatas, maka kamu mau tidak mau harus memisahkan jalinan erat antara iPhone tersebut dengan Apple Watch kamu.

Nah, untuk mulai memisahkan, maka kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini.

Cara Memutuskan iPhone Dari Apple Watch

Cara untuk memutuskan iPhone lawas dari Apple Watch bisa kamu ikuti satu persatu seperti berikut ini.

  1. Kenakan Apple Watch, dan dekatkan ke iPhone kamu.
  2. Di iPhone, buka aplikasi Watch.
  3. Ketuk pada My Watch di layar bawah.
  4. Ketuk All Watches di bagian atas.
  5. Jika kamu memiliki lebih dari satu Watch, temukan salah satu yang kamu inginkan dalam daftar.
  6. Ketuk tombol “i” di sebelah kanannya.
  7. Pilih Unpair Apple Watch.
    1. Jika kamu memiliki Watch yang terkoneksi dengan operator seluler, kamu diminta untuk menghapus paket operator seluler kamu.
    2. Lakukan itu, bahkan jika kamu berencana untuk mempertahankan paket seluler kamu dengan Watch atau iPhone kamu.
    3. Saat diminta, masukkan password Apple ID kamu, untuk menonaktifkan Activation Lock.
    4. Ketuk untuk mengkonfirmasi bahwa kamu benar-benar ingin memutus sambungan Apple Watch.
    5. Berikutnya, kamu tunggu, sementara waktu Apple Watch sedang melakukan proses back up data kamu.

Cara Menghapus Data Pribadi Dari iPhone

Cara menghapus data pribadi dari iPhone lawas kamu yang akan dijual atau diberikan kepada orang lain, sebenarnya cukup mudah. Lihat caranya berikut ini.

  1. Buka Setting dan ketuk nama kamu dibagian atas.
  2. Gulir ke bagian bawah halaman yang muncul dan pilih Sign Out.
  3. Jika diminta, maka pilih Sign Out of iCLoud and Store.
  4. Jika tidak, maka cukup ketuk Sign Out.
  5. Masukkan Apple ID dan password untuk mengkonfirmasi.
  6. Ketuk Turn Off.

Baca juga: Tips Praktis Backup Data Mac Menggunakan Time Machine

Penutup

Berbeda memang, zaman pada masa tahun 90-an dengan masa tahun 2010-an, dimana kebanyakan orang mulai familiar dengan penggunaan smartphone, ditambah lagi dengan kemampuannya yang bahkan bisa menonton acara TV sambil dijalan.

Transaksi keuangan pun sudah tidak memerlukan kehadiran fisik, baik di ATM, apalagi di bank, yang pada beberapa dekade adalah hal konvensional yang dilakukan oleh setiap orang.  

Dukungan internet yang kian cepat, meski untuk ukuran di Asia Tenggara saja, kita masih terbelakang, namun pada kenyataannya, hal tersebut sudah lebih dari cukup untuk menghadirkan kenyamanan generasi milenial saat ini.

Termasuk dalam urusan upgrading perangkat smartphone, semisal iPhone, yang dengan mudah dilakukan oleh generasi milenial saat ini, seiring dengan tingkat kemapanan ekonomi.

Namun demikian, yang tak luput untuk diperhatikan adalah menyangkut pengamanan data pribadi, saat melakukan upgrading perangkat iPhone sebagaimana diuraikan diatas.(k@)

Sumber gambar : cellularnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.