Rumor Deretan Produk Baru Apple Di Tahun 2022

Menandai pergantian tahun, para fanboy Apple tentu bersiap-siap menyambut datangnya produk terbaru dari Apple di tahun 2022 ini. Untuk tahu apa saja produk-produk tersebut, tentu para fanboy perlu tahu rumor produk baru Apple yang akan dirilis tahun ini.

rumor-apple-produk-2022

Beberapa produk yang digadang-gadang akan dirilis Apple di tahun ini, diantaranya AirPods Pro, Apple Watch Series 8, Headset AR/VR, iMac Pro, iPad Pro, iPhone 14, iPhone SE, MacBook Air, Mac Mini, Mac Pro.

Seperti apa bocoran atau rumor dari produk-produk Apple tersebut, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

AirPods Pro

Di tahun 2022 ini, Apple berencana akan meluncurkan AirPods Pro generasi kedua, yang saat ini sedang dalam pengerjaan diantaranya dengan melakukan beberapa perubahan desain.

Rumornya, Apple dapat saja menghilangkan batang pada earbud, dengan AirPods Pro 2 menampilkan bentuk yang lebih bulat, sehingga akan lebih mirip seperti Google Pixel Buds ataupun Samsung Galaxy Buds.

Meskipun demikian, hal tersebut bukanlah sesuatu yang pasti, mengingat Apple akan mengalami kesulitan untuk memasukkan perangkat keras AirPods Pro ke dalam paket yang lebih kecil.

Baca juga: Ini Beda Authorized Reseller dengan Premium Reseller Produk Apple

Apple Watch Series 8

Fitur kesehatan yang disematkan pada generasi Apple Watch Series 7 dianggap tidak menghadirkan sesuatu yang baru. Namun hal tersebut, tidak akan terjadi pada Apple Watch Series 8, pasalnya, Apple dikabarkan sedang menggarap fitur health, yang merupakan fitur utama smartwatch masa kini.

Isu kesehatan adalah isu yang menjadi konsumsi harian masyarakat dunia. Perubahan zaman telah berdampak pada perubahan gaya hidup, dan termasuk pola makan masyarakat dunia masa kini, yang berkaitan erat dengan faktor kesehatan.

Berbekal smartwatch series andalannya, Apple dikabarkan akan menyamatkan beberapa fitur pada Apple Watch Series 8, seperti pemantauan glukosa darah, pengukuran tekanan darah, penginderaan suhu, serta deteksi sleep anea.

Belum diketahui dengan pasti apakah fitur-fitur diatas akan disematkan pada Apple Watch Series 8, melengkapi fitur deteksi jatuh pengguna yang sudah tertanam pada series sebelumnya.

Deteksi jatuh pengguna dapat ditingkatkan menjadi deteksi kecelakaan yang terjadi pada pengguna saat berkendara, yakni dengan secara otomatis menghubungi layanan darurat. Berbekal akselerometer dan sensor lainnya, pengguna Apple Smart Watch dapat terhubung otomatis dengan layanan darurat ketika mengalami kecelakaan.

Baca juga: Apple Watch Series 4, Jam Tangan Andalan Masa Kini

Headset AR/VR

Belakangan orang mulai mengetahui apa itu Headset AR/VR.

Yup, bila kamu melihat seorang anak berada di sebuah stand di sebuah mall, sedang bermain dengan mata tertutup sebuah alat, lalu digengamannya ada senjata, dan mengekspresikan seolah-olah sedang berhadapan dengan musuh yang saling adu tembak, itu lah Headset AR/VR.

Headset Augmented Reality/Virtual Reality buatan Apple telah ditunggu-tunggu oleh gamers, khususnya fanboy Apple, dan dirumorkan akan dirilis akhir tahun 2022.

Headset AR/VR Apple ini terlihat seperti Headset VR Oculus Quest, namun digadang-gadang memiliki desain yang lebih ramping yang menggunakan kain dan bahan ringan sehingga dapat pas dan nyaman saat digunakan.

Namun sayangnya, jika menilik dari rumor yang ada, harga yang ditawarkan oleh Apple untuk Headset AR/VR nya ini dibanderol dengan harga $3000. Bagi kamu, para gamers sejati, siapkan budget yang lumayan banyak untuk bisa memboyong perangkat ini.

Baca juga: Kamu Pelupa dan Sering Hilang Barang? Gunakan Apple AirTag

iMac Pro

Versi baru dari iMac 24 inci dirumorkan akan diperkenalkan Apple di tahun 2022 ini, termasuk juga pembaharuan pada iMac 27 inci, meski bukan berupa peningkatan ukuran.

Namun, menurut rumor yang berkembang, iMac 27 inci akan menampilkan layar mini-LED 27 inci dibalut dengan bezel hitam tipis dan desain yang mirip dengan Pro Display XDR.

Layar mini-LED tentu saja diharapkan mampu mendukung kecepatan refresh ProMotion 120 Hz. Sementara itu, dari segi port, iMac Pro kemungkinan akan menawarkan konfigurasi port yang mirip dengan MacBook Pro, termasuk menggunakan opsi chip M1 Pro dan M1 Max yang sama.

Chip M1 Pro memiliki kemampuan grafis 16 core, sedangkan M1 Max memiliki kemampuan grafis hingga 32 core, sehingga chip ini akan sesuai pula untuk iMac.

Dikabarkan, iMac Pro siap diluncurkan pada bulan Maret nanti.

Baca juga: Berkenalan Dengan Siri, Asisten Pribadi Buatan Apple

iPad Pro

Bagi kamu pengguna iPad Pro, sepertinya tidak akan ada perubahan signifikan dalam hal dimensi layar iPad Pro di tahun 2022 ini, alias masih tetap dengan ukuran layar yang sudah ada sebelumnya, yakni 11 inci dan 12,9 inci.

Namun, menurut rumor yang berkembang, Apple mulai akan menyertakan piranti yang mendukung pengisian daya nirkabel pada iPad Pro. Hal ini seperti hal nya pada iPhone 12 maupun iPhone 13 melalui pengisian daya MagSafe.

Rumor lain yang berkembang, iPad Pro akan dipersenjatai dengan chip A-Series yang ditingkatkan kemampuannya.

Selain itu, diklaim pula bila iPad Pro nantinya dapat menyajikan penyelarasan kamera horizontal dan logo Apple berorientasi landscape di bagian belakang, dimana hal tersebut dimaksudkan sebagai bagian dari promosi iPad dalam mode landscape alih-alih mode portrait.

Masih belum jelas, hal mana yang akan diimplementasikan oleh Apple.

Baca juga: Apple Jadi Merek Top Amerika Pilihan Konsumen

iPhone 14

Melanjutkan generasi berikutnya setelah generasi iPhone 13, Apple akan merilis iPhone 14, yang dirumorkan akan hadir dengan tanpa adanya notch. Seperti dilansir dari macrumors, versi iPhone 14 akan menyiapkan lubang untuk kamera, serta menyiapkan komponen Face ID dibawah layar.

Hal tersebut menjadi pertanda akan hilangnya notch yang ada pada bagian atas layar iPhone generasi sebelumnya. Meski demikian rumornya, namun rencana tersebut bisa saja berubah.

Rumor lainnya untuk iPhone 14, sudah tidak ada lagi iPhone “mini” yang berukuran 5,4 inci. Dan sebagai gantinya, Apple akan merilis iPhone 14 6,1 inci, iPhone 14 Pro 6,1 inci, iPhone 14 “Max” 6,7 inci, dan iPhone 14 Pro Max 6,7 inci. Sehingga iPhone mini yang selama ini ada dan berukuran kecil diganti dengan iPhone Max yang berukuran lebih besar.

Bagian kamera pada generasi iPhone sebelumnya, yang terdiri dari lensa, flash, serta LIDAR scanner, yang berbentuk tonjolan, termasuk yang dirumorkan akan dibenahi, sehingga nantinya kita akan menemukan iPhone yang lebih tebal dengan menghilangkan tonjolan yang sebelumnya ada.

Beberapa hal lain yang diprediksi akan disematkan pada generasi iPhone 14, yakni terkait dengan chip yang digunakan, yaitu chip A16, dimana setiap kali terjadi peningkatan generasi iPhone diiringi pula oleh peningkatan generasi chip sebagai otaknya iPhone, yang tentunya dibekali pula dengan peningkatan daya, kecepatan, dan efisiensi.

Selain itu, untuk kapasitas storage pada iPhone 14 diyakini akan menyediakan ruang penyimpanan hingga 2 TB.

Baca juga: Apple Rilis Generasi iPhone 13

iPhone SE

Rumor awal yang berkembang untuk tahun 2022 ini, iPhone SE akan memiliki layar yang lebih besar, namun nampaknya itu tidak bakal terjadi tahun ini. Justru kemungkinannya, iPhone SE yang akan dirilis tahun ini, akan menghadirkan desain yang sama dengan iPhone SE saat ini.

Dengan layar 4,7 inci, bezel atas dan bawah yang tebal, serta tombol Home Touch ID yang masih disukai oleh sebagian pengguna, iPhone SE sangat diharapkan dapat hadir dengan menyertakan prosesor A14 atau A15, serta modem 5G.

Meski tidak ada peningkatan dalam ukuran layar iPhone SE, namun bocoran menyebutkan bila kemungkinan Apple akan menamai iPhone SE berikutnya sebagai iPhone SE Plus berkat teknologi 5G yang akan disematkan.

Apple pun diprediksi akan menjual iPhone SE terbaru itu dengan banderol di harga $399, yang peluncurannya akan dilakukan pada paruh pertama tahun ini.

Baca juga: Mengintip Kelebihan iPhone SE 2020

MacBook Air

Perubahan besar pada MacBook Air diprediksi akan terjadi di tahun 2022 ini, yang tampilannya akan menyerupai MacBook Pro, termasuk layar mini-LED nya meski tanpa teknologi ProMotion.

Apple berencana akan membuat MacBook Air menjadi lebih tipis dan lebih ringan dibanding versi yang ada saat ini, dengan mengadopsi elemen desain dari iMac 24 inci.

Rumor lain menyebutkan, bila keyboard MacBook Air dapat saja dibuat oleh Apple menjadi seperti keyboard MacBook Pro yang berukuran penuh, serta peningkatan pada sisi kamera menjadi 1080p.

Dari sisi port, untuk kebutuhan pengguna menggunakan device eksternal seperti flash disk, atau hard drive eksternal, sepertinya Apple akan menampilkan beberapa port USB-C/Thunderbolt.

Hal tersebut mungkin tanpa menyertakan slot kartu SD, atau port HDMI sebagai tambahan, sebagaimana terdapat pada MacBook Pro.

Baca juga: 5 Tips Mengisi Ulang Baterai MacBook Dengan Lebih Cepat

Mac Mini

Mac Mini termasuk yang dirumorkan akan mendapat sentuhan dalam hal desain yang diperbaharui, yakni menyangkut ukuran yang kemungkinan akan menjadi lebih kecil, serta kemungkinan dibuat dari bahan yang baru, meski dari sisi bentuk masih sama dengan Mac Mini yang ada saat ini, yakni persegi.

Seperti hal nya iMac Pro, Mac Mini pun bocorannya akan menggunakan chip M1 Pro dan chip M1 Max, sama seperti yang pertama kali diperkenalkan pada model MacBook Pro 2021.

Bagaimana dengan port yang ada pada Mac Mini? Kabarnya, akan ada tambahan 2 port lagi, sehingga jumlahnya menjadi 4 port Thunderbolt.

Port lainnya, terdiri dari sepasang port USB-A, port Ethernet, port HDMI, dan port untuk pengisian daya magnetis.

Baca juga: Cara Membuat Apple ID di iPhone dan MacBook

Mac Pro

Sebagai sebuah perangkat high-end, Mac Pro diyakini masih akan diotaki oleh chip besutan Intel, dan tahun 2022 ini menjadi tahun dimana Apple berupaya mentransisikan pengembangan mesin dekstop high-end tersebut ke Apple Silicon.

Rumor yang berkembang, saat ini Apple sedang mengembangkan dua versi Mac Pro, yang dikenal memiliki harga fantastis. Sebagai gambaran saja, Mac Pro 2019 varian tertinggi dibanderol dengan harga $52 ribu, alias setara dengan Rp 730 juta. Woww!!

Versi pertama, adalah versi lanjutan Mac Pro 2019, kemungkinan dengan desain modular baru, dengan tanpa perubahan besar pada penutupnya. Sebut saja, ini adalah versi yang besar. Versi yang besar, kemungkinan akan terus diotaki oleh chip Intel didalamnya.

Sedangkan, versi kedua, adalah versi yang lebih kecil, namun dengan desain yang mirip dengan desain yang ada saat ini, hanya berbeda ukurannya saja, dengan penutup yang lebih ringkas, kira-kira setengah dari ukuran yang versi besar.

Secara jangka panjang, Apple berencana akan mentransisikan seluruh jajaran Mac ke Apple Silicon, namun untuk versi awal Mac Pro mungkin tidak dapat bersaing dengan prosesor Intel untuk beban komputasi yang berat atau besar.

Baca juga: Beli Produk Apple? Ini Tempatnya

***

Penutup

Sebagai sebuah perusahaan teknologi kelas dunia, Apple tentu akan terus menciptakan inovasi-inovasi baru dalam bidang teknologi melalui penyediaan perangkat-perangkat digitalnya untuk mendampingi keseharian manusia sebagai penggunanya.

Kita semua hampir dapat memastikan siklus yang dilakukan oleh Apple dalam setiap peluncuran produknya, dengan segala isu atau rumor yang digulirkan sebelumnya.

Tentu hal yang menarik, ketika menyaksikan sebuah produk yang dirumorkan atau yang diprediksikan, kemudian dapat terwujud menjadi kenyataan ketika produk tersebut diluncurkan.

Ok, jangan kemana-mana, stay tuned di kolomapple.com untuk mendapatkan informasi seputar produk-produk Apple.(k@)

Sumber gambar: Applerumor on Facebook & blog.ugreen.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *