Steve Jobs Perkenalkan iPhone Generasi Pertama 15 Tahun Lalu

Kini, siapa yang tak mengenal iPhone, smartphone khas berlogo Apple. 15 tahun lalu, atau tepatnya pada 9 Januari 2007, pendiri Apple, mendiang Steve Jobs, memperkenalkan iPhone generasi pertama.

Hari itu, tentunya menjadi hari yang bersejarah bagi perusahaan yang bermarkas di Apple Park, Cupertino, California, dan kita akan menyadarinya, jika melihat perjalanan Apple dengan beraneka ragam produknya hingga hari ini, dengan produk fenomenalnya, yakni iPhone.

Baca juga: Lakukan Ini Sebelum Menjual Atau Memberikan iPhone Kamu

iPhone Generasi Pertama

iPhone generasi pertama, diperkenalkan Steve Jobs dalam ajang MacWorld Expo di San Fransisco, California, Amerika Serikat, pada 15 tahun lalu.

steve-job-memperkenalkan-iphone-generasi-pertama

Jobs, yang familiar dengan setelan atasan turtleneck hitam, dipadu celana jeans, mulai memperkenalkan iPhone generasi pertama, yang merupakan perpaduan beberapa produk revolusioner dalam satu kemasan yang mudah digenggam, yang terdiri dari, iPod berlayar besar dengan kemampuan touch screen, sebuah ponsel, atau kini disebut smartphone, karena memiliki kemampuan sebagai perangkat komunikasi internet, layaknya laptop.

“An iPod, a phone, and an internet communicator. An iPod, a phone…are you getting it? These are not three separate devices: This is one device, and we are calling it iPhone. Today, Apple is going to reinvent the phone.” — Steve Jobs, January 09, 2007.

Itulah kira-kira yang disampaikan Jobs saat merilis iPhone generasi pertama, sebuah smartphone Apple yang memiliki ukuran tidak lebih besar dari telapak tangan, yang berukuran touch screen 3,5 inci, dengan resolusi 480×320.

Harga iPhone generasi pertama Apple tersebut, untuk versi terendah, yang saat itu dirilis tanggal 29 Juni 2007 dibanderol dengan harga $ 499 dengan memori internal 4GB. Sebagai perbandingan saja, iPhone teranyar yang saat ini sedang hangat dipasaran yakni iPhone 13, untuk versi terendah dipasarkan seharga $ 699 dengan kapasitas storage 128GB.

Baca juga: Spesifikasi Varian iPhone 13 dan Harga di Indonesia

iPhone Mengubah Semua

Kehadiran iPhone sebagai buah karya perusahaan Apple besutan Steve Jobs, telah mampu mengubah semua yang telah ada sebelumnya, yang dapat dikatakan iPhone sebagai pioneer.

iphone-generasi-pertama

Sejak pertama kali diluncurkan, iPhone telah mengalami banyak perubahan, baik dari sisi eksterior, maupun sisi internalnya.

Apa saja revolusi yang dilakukan Apple melalui iPhone sebagai salah satu produk unggulannya? Berikut ini adalah beberapa catatan perubahan yang dilakukan Apple untuk generasi iPhone dari awal, alias sejak generasi pertama sampai sekarang.

#1. Layar Sentuh

Pada fase-fase awal generasi iPhone, yaitu tahun 2007, Apple sudah membekali iPhone dengan tampilan desain layar yang lebih besar, dan bahkan sudah touch screen, yang tentunya lebih menarik pengguna ketimbang smartphone kompetitornya, yang pada zaman itu masih mengandalkan keyboard fisik maupun stylus.

iPhone generasi pertama itu pun telah dibekali dengan kemampuan 2G.

#2. Toko Aplikasi Pertama

iPhone 3G yang dirilis pada 11 Juli 2008 merupakan generasi smartphone yang telah dibekali dengan toko aplikasi, atau App Store, sehingga memungkinkan penggunanya dapat mengunduh aplikasi seperti games, media sosial, maupun software lainnya.

Belakangan, smartphone lainnya, juga mulai menyediakan toko aplikasi pada platformnya masing-masing.

#3. Asisten Personal Pertama

Setahun berselang, tepatnya pada 19 Juni 2009, Apple merilis iPhone merilis 3GS, sekaligus memperkenalkan Siri sebagai smartphone pertama yang menjalankan fitur sebagai asisten personal.

Sebagai asisten personal, pengguna iPhone akan dimanjakan oleh Siri sebagai mesin pencari dan asisten pribadi berkat fitur pengenalan suara, yang dapat diperintah oleh penggunanya.

Sehingga pengguna sudah tidak perlu mengetik kata yang akan dicari, melainkan cukup dengan mengucapkan kata, yang diterjemahkan oleh Siri untuk mencari kata yang ada yang dikehendaki oleh penggunanya.

#4. Earphone Jack  Dihilangkan

Beberapa perubahan yang dilakukan oleh Apple pada iPhone, kemudian diikuti pula oleh para kompetitornya, sebagai contoh, ketika Apple menghilangkan earphone jack pada iPhone 7.

Hal ini terjadi pada tahun 2016, tepatnya pada 16 September 2016 saat Apple merilis iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, yang dibekali dengan tiga pilih storage, yakni 32 GB, 128 GB, dan 256 GB. Pada tahun yang sama, yaitu untuk seri iPhone 7 Plus mulai diperkenalkan lensa kamera ganda.

Baca juga: Fakta Bila Anda Membeli Generasi iPhone 12

Penutup

Perjalanan panjang Apple iPhone hingga 15 tahun, tentu bukanlah perjalanan singkat dari sebuah produk, terlebih smartphone.

Hingga hari ini, Apple telah merilis 13 seri iPhone, dengan yang terakhir dinamai generasi iPhone 13, dan sebagaimana jadwal tahunan, Apple akan merilis iPhone terbaru pada bulan September, yang akan dinamai dengan sebutan iPhone 14.

Kita tunggu saja tanggal mainnya.(k@)

Sumber gambar : nydailynews.com & history.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.